Masyarakat Amarasi Selatan minta bentuk desa wisata

id NTT,kawasan wisata,wisata unggulan,desa wisata

Masyarakat Amarasi Selatan minta bentuk desa wisata

Kawasan wisata bukit Fatu Braun di Kecamatan Amarasi Selatan Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur telah ditetapkan sebagai kawasan wisata unggulan. (ANTARA/HO-Prokompim setda Kabupaten Kupang)

...Kami berharap pemerintah Kabupaten Kupang untuk membentuk desa wisata sehingga masyarakat secara langsung bisa ikut serta dalam pengelolaan kawasan wisata Pantai Teres, kata Tokoh masyarakat Amarasi, Hans Taopan di Kupang, Rabu, (3/5/2023)
Kupang (ANTARA) - Masyarakat adat di Kelurahan Buraen Kecamatan Amarasi Selatan meminta pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, membentuk desa wisata setelah dua lokasi wisata yakni wisata Pantai Teres dan wisata bukit Fatu Braun ditetapkan sebagai kawasan wisata unggulan.

"Kami berharap pemerintah Kabupaten Kupang untuk membentuk desa wisata sehingga masyarakat secara langsung bisa ikut serta dalam pengelolaan kawasan wisata Pantai Teres," kata Tokoh masyarakat Amarasi, Hans Taopan di Kupang, Rabu, (3/5/2023).

Ia mengatakan pembentukan desa wisata sangat penting sehingga masyarakat ikut berperan aktif dalam pengelolaan kawasan wisata Pantai Teres yang telah diresmikan Bupati Kupang Korinus Masneno pada Sabtu (29/4) lalu.

"Kami meminta kepada Bupati Korinus Masneno, jika memungkinkan dibentuk desa wisata khusus yakni Desa Wisata Teres mengingat jumlah penduduk di kawasan Teres dan Fatubraun sudah ratusan kepala keluarga sehingga memungkinkan jika dimekarkan dari Kelurahan Buraen," kata Hans Taopan.

Dia berharap permintaan yang menjadi aspirasi masyarakat di Amarasi Selatan itu dapat menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kupang sehingga pengelolaan dua kawasan wisata itu dilakukan masyarakat.

"Ini catatan dan pikiran yang mungkin saja bisa menjadi perhatian Pemerintah. Kawasan Teres dan Fatu Braun benar-benar menjadi kawasan wisata khusus," ungkapnya.

Hans Taopan berharap kepada para kaum muda di wilayah Amarasi Selatan untuk menjaga dan memelihara lokasi wisata Pantai Teres dan Fatu Braun dengan menciptakan situasi yang kondusif sehingga wisatawan yang datang merasa aman, merasa senang untuk berkunjung disini.

Hans Taopan tidak mengharapkan ada wisatawan yang pulang berwisata di Pantai Teres dan Fatu Braun bercerita yang tidak mengenakan, tidak baik atas perilaku masyarakat setempat.

"Jaga situasi yang kondusif dan yakinlah saat kita memberikan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan maka semakin banyak yang datang berwisata ke Pantai Teres sehingga menjadi sumber kehidupan baru bagi masyarakat," kata Hans Taopan.

Sementara itu Bupati Kupang Korinus Masneno berharap kawasan wisata Pantai Teres dan Fatu Braun menjadi pasar bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam meningkatkan pendapatkan ekonomi masyarakat.

Ia berharap masyarakat Amarasi Selatan untuk menjajakan hasil alam, hasil kerajinan tangan dan produk-produk lokal seperti kain tenun, sehingga menjadi cinderamata bagi para pengunjung yang datang berwisata.

"Masyarakat agar manfaatkan tempat ini untuk bisa mengembangkan kreatifitas dan usaha secara baik. Jajakan produk-produk dan cenderamata hasil karya sendiri sehingga pendapatan ekonomi masyarakat menjadi bertambah," kata Bupati Kupang Korinus Masneno.

Baca juga: Pemkab Mabar dukung Festival Kampung angkat potensi tari

Baca juga: BPS sebut akses transportasi udara ASEAN menjadi tumpuan pariwisata Bali