BPJS kesehatan perluas layanan JKN ke desa-desa di Kupang

id NTT,pelayanan kesehatan,BPJS kesehatan,Mahlil Ruby,BPJS kesehatan perluas layanan JKN,perluas layanan JKN ke desa-desa

BPJS kesehatan perluas layanan  JKN ke desa-desa di Kupang

Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Mahlil Ruby sedang melayani seorang warga Desa Oelomin Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur yang sedang mengurus administrasi sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). (ANTARA/Benny Jahang)

Program Pesiar ini untuk menjangkau masyarakat di desa-desa seperti di Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang untuk memperluas cakupan layanan JKN...
Kupang (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Kesehatan melakukan pelayanan langsung ke masyarakat di Desa Oelomin Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Pelayanan yang langsung dilakukan BPJS Kesehatan di desa-desa Kabupaten Kupang untuk memudahkan masyarakat di wilayah pedesaan mendapatkan layanan kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)," kata Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Mahlil Ruby di Desa Oelomin, Kamis, (20/7/2023).

Mahlil Ruby bersama sejumlah direksi BPJS Kesehatan datang ke Desa Oelomin guna melihat secara langsung pelayanan administrasi yang dilakukan para petugas BPJS Kesehatan Kabupaten Kupang.

Mahlil Ruby mengatakan BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai inovasi dalam memberikan kemudahan akses layanan bagi masyarakat sehingga layanan program JKN dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat termasuk yang ada di wilayah pedalaman.

Dia menjelaskan BPJS Kesehatan memiliki satu program yaitu program Pesiar ( petakan, sisir, advokasi, registrasi ) bertujuan untuk memetakan masyarakat di wilayah pedesaan yang belum terlindungi dengan program JKN serta untuk mengidentifikasi masyarakat rentan yang belum menjadi peserta JKN.

"Program Pesiar ini untuk menjangkau masyarakat di desa-desa seperti di Kecamatan Nekamese Kabupaten Kupang untuk memperluas cakupan layanan JKN," kata Mahlil Ruby.

Menurut dia program JKN tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di wilayah perkotaan tetapi masyarakat yang ada di desa-desa juga harus merasakan adanya manfaat JKN.

Ia mengatakan agar semua masyarakat bisa mendapat layanan JKN maka tentu harus mendaftar terlebih dahulu ke BPJS Kesehatan sebagai lembaga penyelenggara program JKN.

Sementara itu Camat Nekamese Kabupaten Kupang Josua Bora'a mengapresiasi terhadap BPJS Kesehatan yang turun langsung ke desa-desa di daerah itu dalam memudahkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Ia menjelaskan masyarakat Desa Oelomin yang mencapai 400 kepala keluarga merasa bangga dengan adanya pelayanan langsung ke desa karena sangat memudahkan masyarakat.

Menurut dia keterbatasan waktu dan akses transportasi yang terbatas menjadi kendala bagi masyarakat Kecamatan Nekamese dalam mengurus administrasi untuk ikut dalam program JKN langsung ke Kantor BPJS Kabupaten Kupang.

Baca juga: Artikel - Jalan panjang perjuangan perawat di Papagarang NTT

Ia mengatakan melalui kemudahan pelayanan dilakukan BPJS Kesehatan langsung ke desa-desa tentu memiliki dampak positif yaitu semakin banyak warga yang merasakan program JKN.

Baca juga: Artikel - Dedikasi Rina tekan stunting di Labuan Bajo

Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Mahlil Ruby langsung turun melayani secara langsung pengurusan administrasi bagi warga Desa Oelomin yang disaksikan Camat Nekamese Kabupaten Kupang Josua Bora'a serta unsur pemerintah desa serta masyarakat Desa Oelomin.