Artikel - Mencari sesar yang meluluhlantakkan Cianjur

id gempa cianjur,sesar cugenang,BRIN,BMKG,PVMBG,artikel lingkungan Oleh Asep Firmansyah

Artikel - Mencari sesar yang meluluhlantakkan Cianjur

Peneliti BRIN saat melakukan pengukuran Geofisika di Desa Mangunkerta untuk memetakan patahan atau sesar penyebab gempa di Cianjur, Kamis (27/7/2023). (ANTARA/Asep Firmansyah)

,,,Hidup di kawasan rawan bencana memang tidak mudah. Pilihan bertahan maupun pindah sama saja susah, sehingga mencoba berdamai menjadi opsi terbaik
Jakarta (ANTARA) - Masih hangat dalam ingatan saat sebagian wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, luluh lantak akibat diguncang gempa darat magnitudo 5,6 dengan kedalaman 10 kilometer pada 21 November 2022, pukul 13.21 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Kabupaten Cianjur mengonfirmasikan bahwa korban meninggal dunia mencapai sekitar 600 orang yang tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Pacet, Cugenang, Cianjur, dan Warungkondang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa merusak itu disebabkan oleh sesar/patahan Cugenang. Area sesar Cugenang memanjang seluas kurang lebih sembilan kilometer persegi.

"Ini adalah sesar yang baru teridentifikasi dalam survei yang dilakukan BMKG," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memastikan.

Jalur patahan tersebut ada di wilayah Cugenang, sehingga dinamakan Sesar Cugenang. BMKG awalnya menduga gempa disebabkan aktivitas Sesar Cimandiri, karena pusat gempa berada di dekat sesar tersebut.

Setelah dilakukan analisis focal mechanism dan sebaran titik gempa-gempa susulan, analisis citra satelit dan foto udara, serta pola sebaran dan karakteristik surface rupture (retakan/rekahan permukaan tanah), sebaran titik longsor, kelurusan morfologi, dan pola sebaran kerusakan bangunan, disimpulkan bahwa gempa Cianjur disebabkan oleh sesar baru Cugenang.

Namun sejumlah pihak menyebut bahwa sesar atau patahan tersebut harus diteliti lebih jauh untuk memastikan garis patahan di bawah permukaan tanah.

Koordinator Geologi Gempa Bumi dan Tsunami PVMBG Supartoyo mengatakan, ada dua pola pergerakan patahan di Cianjur yakni yang mengarah ke utara-selatan dan barat-timur. Karena itu, diperlukan penelitian lebih mendalam untuk memastikan jalur maupun pola patahan.

Senada dengan Supartoyo, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Adrin Tohari menduga bahwa sesar atau patahan pemicu gempa di Cianjur bukan disebabkan sesar Cugenang, tetapi ada sesar lain yang belum teridentifikasi.

Dari hasil analisis BRIN, pola pergerakan sesar Cugenang mengarah ke barat-timur, sedangkan gempa kemarin diduga memiliki pola utara-selatan. Kendati begitu, hingga saat ini belum terpetakan dan sedang dalam penelitian lanjutan.

Belum teridentifikasinya sesar di Cianjur karena belum ada kejelasan data parameter sesar aktif, titik koordinat, dan panjang sesar, melewati area mana, arah kemiringan, hingga kedalamannya.

"Itu yang sedang kami lakukan. Kami harus dapat persis posisi patahannya di mana, dalamnya berapa, panjangnya berapa, serta daerah mana yang harus diwaspadai akan dilewati patahan tersebut," kata Adrin.

Temuan