Kumham NTT manfaatkan momen CFD berikan penyuluhan hukum kepada masyarakat

id Kemenkunham ntt,Desa sadar hukum

Kumham NTT manfaatkan momen CFD berikan penyuluhan hukum kepada masyarakat

Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana D Jone (kiri) ketika mendampingi PJS Wali Kota Kupang George Hadjoh saat pembukaan Expo Kemenkumham 2023 di Kupang, Sabtu (5/8). (ANTARA/Kornelis Kaha)

Jadi hari ini ada banyak pelayanan yang kita beritakan kepada masyarakat yang bisa kita lihat sendiri...
Kupang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT memanfaatkan momentum hari bebas kendaraan bermotor (Car Free Day) untuk mengelar pameran penyuluhan Hukum bagi masyarakat yang berolahraga di jalan El Tari Kota Kupang.

Kakanwil Kemenkumkah NTT Marciana D Jone kepada wartawan di sela-sela pameran Expo Kemenkumham 2023 tersebut, di Kupang, Sabtu mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 78 Kementerian Hukum dan HAM.

"Jadi hari ini ada banyak pelayanan yang kita beritakan kepada masyarakat yang bisa kita lihat sendiri," katanya.

Dalam kegiatan tersebut beberapa pelayanan yang diberikan adalah pelayanan pendaftaran kekayaan intelektual, pendaftaran di bidang merek, panten dan hak cipta.

Selain itu juga ada pelayanan pembuatan paspor Merdeka serta pihaknya menampilkan 10 UMKM binaan Kanwil Kemenkumham NTT untuk menjual produk-produk olahan mereka.

Tak hanya itu lanjut Marciana, pihaknya juga menampilkan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) untuk menunjukan keterampilan mereka dalam menenun seara tradisional.

"Tadi juga ada WBP yang menjual sayur dari hasil pengolahan lahan tidur di lingkungan lapas dan langsung  habis dibeli," tambah dia.

Pewarta ANTARA yang hadir dan menyaksikan langsung pelaksanaan pameran tersebut, menyaksikan ada juga penjelasan atau sosialisasi terkait produk-produk Kanwil Kemenkumham NTT dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Salah satunya adalah penjelasan terkait pendaftaran kekayaan intelektual melalui kemenkumham NTT yang prosesnya hanya 10 menit dengan biaya yang sangat murah.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kota Kupang yang telah membantu dan juga kepada pemerintah NTT yang selalu merespon baik dan mendukung tugas-tugas Kemenkumham di daerah-daerah.

Sementara itu Pejabat Sementara Wali Kota Kupang George M. Hadjoh menilai bahwa Kanwil Kemenkumham NTT telah banyak memberikan pelayanan kepada masyarakat di NTT khususnya di Kota Kupang.

Baca juga: Imigrasi Labuan Bajo membuka layanan penerbitan paspor di MPP Ngada

Dia mengapresiasi upaya Kanwil Kemenkumham untuk meningkatan pelayanannya saat pelaksanaan CFD tersebut.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham-Notaris NTT bakti sosial cegah stunting

Dalam sambutannya dia juga mengapresiasi karena kini berkat Kanwil Kemenkumham NTT  banyak desa sadar hukum yang sudah terbentuk.