Mikhael Bataona sebut pilihan terhadap Mahfud mengubah peta politik Pilpres 2024

id Pilpres 2024,Cawapres ganjar,Mahfud md,wakil presiden

Mikhael Bataona sebut pilihan terhadap Mahfud mengubah peta politik Pilpres 2024

Analis politik, Mikhael Raja Muda Bataona. ANTARA

Pilihan ini langsung mengubah peta politik Pilpres secara keseluruhan karena Mafhud ini seorang magnet elektoral supra wilayah. Supra wilayah karena Mahfud adalah tokoh politik yang tidak hanya disukai oleh pemilih tradisional Jawa dan NU, tapi juga
Kupang (ANTARA) - Analis politik, Mikhael Raja Muda Bataona, mengatakan, pilihan terhadap Mahfud MD sebagai cawapres Ganjar Pranowo oleh Megawati dan pimpinan parpol koalisi ini brilian, mengejutkan dan berkelas sebab langsung mengubah peta politik Pilpres secara keseluruhan.

"Pilihan ini langsung mengubah peta politik Pilpres secara keseluruhan karena Mafhud ini seorang magnet elektoral supra wilayah. Supra wilayah karena Mahfud adalah tokoh politik yang tidak hanya disukai oleh pemilih tradisional Jawa dan NU, tapi juga semua lapisan masyarakat dari berbagai wilayah di Indonesia," kata dia, di Kupang, NTT, Rabu, (18/10/2023).

Bataona yang juga pengajar ilmu komunikasi politik dan teori kritis pada FISIP Universitas Wira Mandira itu mengemukakan pandangannya berkaitan dengan sosok Mahfud Md yang dipilih untuk mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Menurut dia, Mahfud Md adalah sosok yang diterima oleh segmen pemilih multi kultur, multi etnis, dan multi ideologi. "Inilah kelebihan sosok Mafhud sehingga menurut saya, pilihan terhadap Mafhud adalah guncangan politik yang cukup berhasil menaikkan peringkat pemberitaan Ganjar hari ini," katanya.

Ia menambahkan Mafhud sejak lama diapresiasi banyak kalangan karena keberanian dan keberpihakannya pada kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Ia berani dan lugas dalam membela kepentingan negara, dan dalam berbagai persoalan sosial, hukum, dan politik, Mahfud sering memberi terobosan yang membantu masyarakat kecil. Inilah kelebihannya.

Mafhud juga seorang tokoh yang menjadi besar karena proses alamia dari bawah, bukan hasil karbitan.

"Sehingga dalam bacaan saya, publik rupanya melihat track record Mafhud ini yaitu karakter, kepribadian dan keberpihakannya adalah pembeda. Itulah yang menghantar Mahfud terus diapresiasi menjadi seorang tokoh politik berintergitas di republik ini," katanya.

Karena itu, pilihan Megawati dan para Ketum Parpol koalisi ini disambut positip dan langsung menjadi tranding topik di media sosial karena kelebihan Mahfud ini.

Baca juga: SMRC sebut Mahfud perkuat citra Ganjar di bidang penegakan hukum

Sosoknya memang selama ini diapresiasi di arus bawah sehingga saat diumumkan, langsung menjadi tranding topik karena disukai. Di media sosial dan ruang-ruang publik virtual, pilihan Megawati ini diapresiasi karena mereflekasikan harapan masyarakat.

Bukan harapan elit. Hal ini bisa dilihat dari reaksi masyarakat setelah pengumuman pagi jam 10 tadi di mana nama Mafhud dan Ganjar langsung menjadi tranding topik.

Baca juga: Megawati umumkan Mahfud sebagai pendamping Ganjar

"Tentu saja majunya Mahfud akan membuat kubu Prabowo berhitung ulang dengan cermat tentang siapa sosok cawapres yang paling pas untuk mengimbangi Prabowo," katanya.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Analis: Pilihan terhadap Mahfud mengubah peta politik Pilpres 2024