Pangdam Udayana sebut fasilitas RST terus meningkat

id wirasakti,rs wirasakti kupang,pangdam udayana

Pangdam Udayana sebut fasilitas RST terus meningkat

Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi memotong pita saat meresmikan sejumlah fasilitas RST Wirasakti di Kupang, Selasa, (24/10/2023). (ANTARA/HO-Kornelis Kaha)

...Baru saja diresmikan fasilitas yang ada seperti ruang ICU, ruang Perina, dan beberapa ruangan lagi, ini menunjukkan  bahwa fasilitas kesehatan di RS ini sudah semakin meningkat, katanya di Kupang, Selasa, (24/10/2023) pagi
Kupang (ANTARA) - Panglima Kodam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi menyebut RST Wirasakti kini memiliki fasilitas kesehatan yang perlahan-lahan terus meningkat untuk melayani prajurit TNI dan juga masyarakat sipil pada umumnya.

"Baru saja diresmikan fasilitas yang ada seperti ruang ICU, ruang Perina, dan beberapa ruangan lagi, ini menunjukkan  bahwa fasilitas kesehatan di RS ini sudah semakin meningkat," katanya di Kupang, Selasa, (24/10/2023) pagi.

Hal ini dia sampaikan usai meresmikan sejumlah ruangan di RST Wirasakti yang masuk dalam kategori  RS tingkat tiga guna meningkatkan pelayanan.

Menurut komandan berbintang dua tersebut. dengan semakin meningkatnya fasilitas yang dimiliki tersebut maka RST Wirasakti diharapkan mampu melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan tidak hanya bagi prajurit TNI dan masyarakat umum.

“Memang ini rumah sakit TNI, tetapi juga melayani untuk semua orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujar dia.

Dia menambahkan bahwa tenaga kesehatan di RS tersebut tersedia cukup, ada dokter spesialis, ada juga ibu dokter spesialis anak. 

“Kalau kurang kita coba berkoordinasi dengan RS yang di sini, dokter-dokter spesialis di Kupang untuk kita manfaatkan tenaga guna membantu pasien,” ucapnya.

Sementara itu Ka Rumkit Tingkat III Wira Sakti Letkol Ckm (K) Dr. dr. Lidwina Marlina S, Sp, KJ., menyampaikan juga tentang Rumkit Tk III Wira Sakti Kupang.

"Rumah sakit ini selesai di renovasi dengan gedung baru di 2023, kami kembangkan untuk semua fasilitas dan ruangan. Salah satunya yang baru saja diresmikan oleh Pangdam adalah ruangan ICU, HCU, NICU, PICU. Dan itu tidak hanya dilengkapi oleh alat-alat yang memang canggih dan sesuai dengan kebutuhannya, juga kami ada dokter penanggung jawab, adalah dokter kami semua",kata Ka Rumkit TK III Wira Sakti Kupang.

Lebih lanjut Ka Rumkit Tk III Wira Sakti katakan bahwa, ini terus akan kami kembangkan dan tidak hanya sampai di sini saja, kami sedang persiapkan poli klinik fisioterapi dan mudah mudahan awal bulan kami sudah siap melaksanakan pelayanan fisioterapi. 

"Di sini, kami hampir 90 persen adalah pasien BPJS. Karena TNI AD beserta PNS dan keluarganya menggunakan BPJS untuk memudahkan fasilitas kesehatan di RS kami. RS ini terbuka untuk seluruh masyarakat kota Kupang dan sekitarnya. Kami menerima dengan hati",ujarnya.

Kami berbangga hati karena kami memiliki fasilitas MRI, ini adalah fasilitas pertama kami yang ada di kota Kupang yang kami punya. Dan sudah kami urus untuk bisa tercover di klaim oleh BPJS. Mudah mudahan dalam waktu dekat sehingga bisa di manfaatkan oleh pasien yang menggunakan  fasilitas BPJS.

"Sebentar lagi kami akan merayakan ke 78 ulang tahun Kesehatan AD. Tentu saja kami terus meningkatkan visi dan misi Kesehatan AD yaitu dukungan kesehatan dan pelayanan kesehatan. Bagi kami tidak puas sampai di sini, kami harus terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanan yang no 1,”pungkasnya