Pengelola: 55.565 pemudik lewat Bandara El Tari saat Nataru

id Bandara El Tari Kupang,pergerakan pemudik di bandara el tari,natal Tahun baru,arus mudik

Pengelola: 55.565 pemudik lewat Bandara El Tari saat Nataru

Suasana pemudik di terminal keberangkatan bandara El Tari Kupang Kota Kupang, NTT. ANTARA/Kornelis Kaha

...Jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya mengalami penurunan sebesar 1,22 persen, kata GM Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang Lilik Pujianto di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (4/1/2023)
Kupang (ANTARA) - Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang mencatat jumlah pemudik yang melintas lewat bandara itu selama arus mudik dan balik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mencapai 55.565 orang.

"Jika dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya mengalami penurunan sebesar 1,22 persen," kata GM Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang Lilik Pujianto di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Kamis, (4/1/2023).

Hal ini disampaikan ketika ditemui wartawan usai memimpin apel penutupan Posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 untuk angkutan melalui udara di Bandara El Tari Kupang.

Dia mengatakan bahwa pada tahun sebelumnya jumlah pemudik mencapai 56.251 pemudik baik itu yang saat arus mudik maupun pada masa arus balik.

Lilik mengatakan bahwa pada awalnya pihaknya memprediksi pergerakan pemudik selama arus mudik dan balik melalui bandara itu bisa mencapai 76.536 persen.

Hal ini karena sudah tidak ada lagi COVID-19 dan aturan-aturan bagi pelaku perjalanan juga sudah dicabut sehingga pemudik bisa lebih bebas bepergian menggunakan transportasi udara.

Namun dalam perjalanan sampai dengan penutupan posko, ternyata turun 27,40 persen dari angka yang sudah diprediksi oleh pihak Posko Natal Tahun Baru di Bandara El Tari.

Berdasarkan data harian selama arus mudik dan balik Natal dan tahun baru, pergerakan pemudik per harinya hanya mencapai sekitar 4 ribuan saja, dengan rincian 2 ribuan pemudik tiba dan sisanya lagi berangkat.

Baca juga: 26.536 pemudik melintasi bandara El Tari selama arus mudik Natal

Selain penumpang yang turun, PT AP I Bandara Internasional El Tari juga mencatat jumlah pergerakan pesawat juga mengalami penurunan sebesar 32,51 persen dari tahun sebelumnya.

"Pada tahun ini pergerakan pesawat mencapai 652 pesawat saja. Kalau tahun lalu mencapai 718 pergerakan," tambah dia.

Baca juga: Pasien COVID-19 yang dirawat meningkat 255 persen

Menurut Lilik, penurunan itu berbeda dengan prediksi yang memperkirakan pergerakan pesawat berjumlah 966 atau sama dengan 40 pergerakan pesawat per hari.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengelola: 55.565 pemudik lewat Bandara El Tari saat Natal-tahun baru