Sebagian wilayah NTT berpotensi hujan disertai petir

id cuaca di ntt,musim hujan di ntt,cuaca perairan laut ntt

Sebagian wilayah NTT berpotensi hujan disertai petir

Seorang pengendara sepeda motor melintas di jalan Veteran Kelapa Lima Kupang ditengah hujan mengguyur Kota Kupang, Selasa, (9/1/2024). (ANTARA/Bernadus Tokan)

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang panjang
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa sebagian wilayah di provinsi berbasis kepulauan Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi dilanda hujan deras disertai petir dan angin kencang berdurasi saingkat.

Wilayah-wilayah yang berpotensi dilanda hujan disertai petir dan angin kencang itu adalah wilayah Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Lembata, Alor, Belu, Malaka, TTU, Timor Tengah Selatan (TTS), Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Rote, Sumba Timur, Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.

Demikian peringatan dini cuaca yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Peringatan dini cuaca ini berlangsung selama tiga hari ke depan yakni 9-11 Januari 2024.

Dalam rilis yang ditandatangani Kepala Stasiun Meteorologi Sti Nenot'ek dan Prakirawan Cuaca Hede Jacobeth Mangngi Uly yang diperoleh di Kupang, Selasa itu menjelaskan sebagian wilayah NTT berada pada musim hujan dengan kondisi suhu muka laut yang hangat.

Dan kelembapan yang cukup basah ditiap lapisan atmosfer menyebabkan beberapa wilayah di NTT berpotensi hujan sedang – lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat.

Karena itu, perlu waspada akan potensi dampak hujan dan angin kencang berdurasi singkat yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, rusaknya atap bangunan dan fasilitas umum 
lainnya.

Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing patut waspada akan potensi longsor dan banjir bandang pada saat terjadi hujan dengan durasi yang panjang, demikian BMKG.


Baca juga: BMKG imbau wilayah di NTT belum masuk musim hujan

Baca juga: Masyarakat diimbau waspada cuaca ekstrem sepekan ke depan

Baca juga: Sebagian besar wilayah dilanda hujan