PVMBG sebut telah terjadi awan panas guguran erupsi Lewotobi

id pvmbg, erupsi, lewotobi, debu vulkanik, lahar hujan, belerang, flores timur, bencana, bencana alam, ntt, flores, status

PVMBG sebut telah terjadi awan panas guguran erupsi Lewotobi

Visual awan panas guguran Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, NTT, pukul 08.00 WITA, Minggu (14/1/2024). ANTARA/HO-PVMBG

Telah terjadi awan panas guguran ke arah sektoral utara-barat laut dengan jarak luncur lebih kurang satu kilometer pukul 08.00 WITA...
Wulanggitang (ANTARA) -
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat terjadinya awan panas guguran erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
"Telah terjadi awan panas guguran ke arah sektoral utara-barat laut dengan jarak luncur lebih kurang satu kilometer pukul 08.00 WITA," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Bobyson Lamanepa di Kecamatan Wulanggitang, Flores Timur, Minggu, (14/1/2024).
 
Sebagai langkah mitigasi, ia mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius empat kilometer dari pusat erupsi serta sektoral lima kilometer ke arah barat laut-utara dan timur laut.
 
Wilayah yang masuk sektoral lima kilometer arah barat laut-utara adalah Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura.
 
Sedangkan wilayah yang masuk dalam sektoral lima kilometer arah timur laut adalah Desa Nobo dan Nurabelen di Kecamatan Ile Bura.
 
Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki dari pukul 00.00 WITA hingga 06.00 WITA, asap kawah bertekanan kuat teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 500 hingga 1.000 meter di atas puncak kawah.
 
Selain itu teramati lima kali letusan dengan tinggi 500 hingga 1.000 meter dan warna asap putih dan kelabu.
 
Hasil pemantauan yang dilakukan, kata Bobyson teramati aliran lava pijar dan guguran ke sektoral arah timur laut sejauh lebih kurang dua kilometer dari kawah utama.

Baca juga: AirNAv sebut bandara Gewayantana sudah bisa beroperasi kembali

Baca juga: Tim SAR patroli di radius 5 km dari puncak erupsi Lewotobi
 
Lalu teramati pula guguran lava pijar ke arah sektoral barat laut-utara sejauh lebih kurang satu kilometer dari kawah utama.

Baca juga: Bhayangkari Ende utamakan kebutuhan gizi anak korban erupsi

Baca juga: Indosat salurkan bantuan untuk korban erupsi gunung Lewotobi di Flores Timur
 
"Karena erupsi menerus, kita tetap imbau warga untuk menggunakan masker, penutup mata dan menutup penampungan air yang ada," ucapnya.



 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PVMBG catat terjadi awan panas guguran erupsi Lewotobi