Polda NTT siapkan 824 personel kawal distribusi logistik Pemilu

id NTT,Polda NTT,Pemilu 2024

Polda NTT siapkan 824 personel kawal distribusi logistik Pemilu

Polisi mengawal pendistribusian logistik Pemilu 2019 oleh sejumlah anggota Linmas ke TPS terpencil di Kecamatan Lamanen Selatan, di Kabupaten Belu, NTT, Selasa (16/4/2019). .(ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

...Ini demi kelancaran dan keamanan dari logistik yang didistribusikan, kata Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Timur Kombes Pol Ariasandy di Kupang, Sabtu, (27/1/2024)
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur menerjunkan 824 personel untuk melakukan pengawalan distribusi logistik Pemilu Serentak 2024 ke sejumlah daerah di provinsi berbasis kepulauan itu.

“Ini demi kelancaran dan keamanan dari logistik yang didistribusikan,” kata Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Timur Kombes Pol Ariasandy di Kupang, Sabtu, (27/1/2024).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan upaya aparat kepolisian di wilayah NTT untuk menjaga pendistribusian logistik, baik itu saat tiba di Kupang hingga ke sejumlah daerah agar pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar.

Dia mengatakan untuk saat ini pengawalan pendistribusian logistik pemilu baru pada tahap mulai dari Bandara El Tari Kupang hingga ke Kantor KPU Provinsi NTT.

Untuk proses pengawalan hingga ke tempat pemungutan suara juga nantinya akan diambil dari jumlah personel yang ada, namun di setiap Polres juga sudah menyiapkan personel sendiri.

Dia juga mengatakan bahwa setiap tahapan ada jumlah personel yang disiapkan untuk melakukan pengamanan agar berjalan aman Pemilu di NTT.

Kepala sub Satgas Pam Objek Penting Polda NTT Ipda Rikardus Allen Farchi mengatakan pihaknya telah mengawal kedatangan serta pengantaran logistik Pemilu ke kantor KPU NTT pada Jumat (26/1).

Dia menjelaskan bahwa pengawalan logistik dilakukan dari Terminal Kargo Bandara El Tari menuju kantor KPU NTT itu merupakan bagian dari upaya Polri khususnya Polda NTT untuk menciptakan kondisi yang aman selama perjalanan logistik Pemilu 2024.

"Pengawalan logistik ini merupakan bagian dari tanggung jawab kami untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pemilu. Kondisi aman dalam perjalanan logistik akan berdampak positif pada pelaksanaan Pemilu secara keseluruhan," ujar Ipda Rikardus Allen Farchi.

Baca juga: Uskup Ruteng ajak warga lihat pemilu sebagai event menggembirakan

Dia berharap agar pengawalan itu juga dilakukan agar logistik Pemilu 2024 dapat sampai dengan selamat di tujuan, sehingga proses Pemilu dapat berjalan lancar dan masyarakat dapat memberikan suaranya dengan nyaman dan aman.

Baca juga: Danrem 161/WS: Motor trail bagi prajurit bisa bantu kawal logistik Pemilu

Dia memastikan bahwa akan terus berkomitmen untuk menjaga objek-objek penting Pemilu guna mewujudkan proses demokrasi yang berkualitas di Provinsi NTT.