Waspada infeksi di area gigi indikasi kanker mulut

id Kanker mulut, rongga mulut, kesehatan gigi dan mulut

Waspada infeksi di area gigi indikasi kanker mulut

Ilustrasi (pixabay.com) (/)

...Biasanya, barang-barang ini tersedia dalam kemasan sachet kecil dan digantung dalam kantong di seluruh negeri, sehingga mudah diakses, kata Dr Vijay V. Haribhakti, Ketua, Onkologi, Rumah Sakit Sir HN Reliance Foundation seperti ditulis laman Hindu
Jakarta (ANTARA) - Infeksi yang tidak terdefinisi di sekitar gigi dan gusi atau rasa sakit yang menyiksa dapat mengindikasikan kanker mulut.

Kanker mulut terbentuk di rongga mulut yang meliputi seluruh bagian mulut, baik itu bibir, gusi, lidah, pipi, dan langit-langit mulut.
 
Pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di dalam mulut dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut dengan cara membersihkan yang benar baik itu menyikat gigi, flossing, mengganti sikat gigi dari waktu ke waktu.
 
Selain menjadi kanker keenam yang paling sering terjadi di seluruh dunia, kanker mulut adalah salah satu kanker yang paling umum terjadi pada pria India. Hal ini sangat terkait dengan kebiasaan mengunyah tembakau dan juga mengunyah sejumlah zat termasuk supari, pan masala, dan barang-barang terkait lainnya.
 
"Biasanya, barang-barang ini tersedia dalam kemasan sachet kecil dan digantung dalam kantong di seluruh negeri, sehingga mudah diakses," kata Dr Vijay V. Haribhakti, Ketua, Onkologi, Rumah Sakit Sir HN Reliance Foundation seperti ditulis laman Hindustan Times, Jumat, (16/2/2024).
 
Kondisi gigi yang buruk juga dapat menyebabkan dua jenis kanker, yaitu kanker gusi dan rahang. Salah satunya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi yang tajam, dan gigi yang melukai jaringan di dalam mulut.
 
“Kita juga perlu mewaspadai gejala-gejala tersebut dan kaitannya dengan kondisi gigi dan tanda-tanda yang biasanya berhubungan dengan kanker gusi atau rahang. Oleh karena itu, pertimbangan paling krusial adalah: Apakah ada luka yang sudah lama tidak sembuh,” kata Dr Vijay.

Faktor lainnya adalah kondisi gigi pasien saat sehari-hari mengunyah. Bisa disebabkan oleh gigi goyang, tukak di sekitar rahang, gusi bengkak, rahang bengkak, atau terkadang nyeri luar biasa yang tak kunjung hilang.

Yang harus disadari adalah perlunya tindakan yang tepat, oleh karena itu bagi yang mempunyai kebiasaan mengunyah dalam jangka waktu lama dan mempunyai infeksi yang tidak diketahui penyebabnya di sekitar gusi dan gigi, disarankan untuk memeriksakan diri ke ahlinya dibandingkan ke dokter gigi biasa yang tidak mengetahuinya.

Sementara itu, Dr. Mohsin Shaikh, Konsultan Rekanan, Ahli Onkologi Bedah, Punyashlok Ahilyadevi Holkar Head & Neck Cancer Institute of India membagikan daftar lengkap gejala lain yang dapat mengindikasikan kanker mulut.

Pertama adanya perubahan nyata pada kualitas suara atau suara serak dalam jangka waktu lama, dapat menjadi indikasi kanker hidung, nasofaring, laring, atau pita suara.

Selain itu kesulitan menelan (disfagia), adanya benjolan atau massa yang menetap di leher, tenggorokan, atau mulut, bau mulut yang tidak teratasi indikasi adanya tumor mulut di lidah atau rahang, luka atau bisul di mulut yang tidak kunjung sembuh, kesulitan menggerakkan rahang dan perubahan gigi secara spontan.

Dr Vijay menyarankan untuk mengesampingkan diabetes terlebih dahulu dan jika tidak ditemukan penyebab lain, seseorang harus melakukan biopsi untuk luka yang tidak kunjung sembuh.

Seseorang harus mencari nasihat ahli, dan mencari diagnosis yang tepat, dan tidak boleh mengabaikan maag yang tidak kunjung sembuh dan tentu saja, melakukan pencabutan gigi untuk gigi yang goyang jika terdapat jaringan yang mencurigakan.

Baca juga: Vaksin HPV sejak dini penting untuk mencegah kanker serviks
Baca juga: Pria dan wanita miliki risiko kanker payudara
Baca juga: Kesehatan - Perdarahan tanda tersering kanker leher rahim




 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Waspada infeksi sekitar gigi tanda adanya kanker mulut