BPBD Mabar terima sejumlah laporan bencana alam dampak hujan

id BPBD Manggarai Barat, Isfridus Tobong, laporan bencana alam, Manggarai Barat, hujan, longsor

BPBD Mabar terima sejumlah laporan bencana alam dampak hujan

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Manggarai Barat, Isfridus Tobong, (ANTARA/HO-Gecio Viana)

Kami ada WhatsApp grup yang anggotanya seluruh camat dan kepala desa se-Kabupaten Manggarai Barat. Ada juga camat yang telepon saya secara langsung...
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Barat mendapatkan sejumlah laporan bencana alam dari beberapa kecamatan akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Rabu (21/2) malam di daerah itu.
 
"Kami ada WhatsApp grup yang anggotanya seluruh camat dan kepala desa se-Kabupaten Manggarai Barat. Ada juga camat yang telepon saya secara langsung," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Manggarai Barat Isfridus Tobong ketika dihubungi di Labuan Bajo, Kamis, (22/2/2024).
 
Dia merinci terdapat empat kecamatan dari 12 kecamatan di Manggarai Barat yang melaporkan bencana alam akibat hujan deras, yakni Kecamatan Mbeliling, Kecamatan Sano Nggoang, Kecamatan Lembor dan Kecamatan Welak.
 
Bencana alam yang dilaporkan antara lain beberapa desa mengalami bencana longsor, banjir, jalan putus, hingga pohon tumbang yang menutupi jalan dan menimpa tiang listrik.
 
"Sementara ini yang fatal di Desa Siru, Kecamatan Lembor, longsor dan jalan putus di Kecamatan Welak, Kecamatan Mbeliling ada pohon tumbang yang tutupi jalan tapi petugas sudah sensor dan sudah aman. Sementara di Kecamatan Kuwus, Boleng, dan lainnya belum ada laporan," katanya.
 
Dia menjelaskan kemungkinan di kecamatan lainnya juga terjadi bencana alam, namun karena jaringan telepon yang kurang bagus sehingga belum dapat melaporkan ke pemerintah daerah (pemda).
 
"Kecamatan Kuwus, kita belum dapat laporan. Mungkin karena sinyal, dan di Kecamatan Ndoso biasanya kalau ada hujan intensitas tinggi, biasanya terdampak," katanya.
 
Dia berharap agar pemerintah desa dan pemerintah kecamatan segera melakukan laporan resmi jika terdapat bencana alam.
 
Menurut dia, laporan yang akan diberikan kepada BPBD Manggarai Barat disertai dengan identitas warga terdampak dan data kerugian warga.

Baca juga: Longsor sebabkan kemacetan di jalan nasional Ruteng-Reo-Kedindi

Baca juga: Wabup Mabar imbau warga siaga bencana alam
 
"Harapan laporan bencana berjenjang sesuai kondisi riil supaya intervensi pemerintah tepat," katanya.

Baca juga: BMKG terbitkan status waspada dampak hujan
 
 
Pihaknya juga mengimbau agar seluruh masyarakat tetap mewaspadai bencana alam di daerah itu dalam musim hujan saat ini.