KRI Escolar diterjunkan amankan prosesi laut Semana Santa

id KRI escolar,NTT,Kota Kupang,Semana santa

KRI Escolar diterjunkan amankan prosesi laut Semana Santa

Prosesi Laut saat pelaksanaan Semana Santa di Larantuka, Jumat (29/3/2024). ANTARA/Ho

Kami juga siapkan perahu karet bermesin 40 PK dari Lanal Maumere...
Kupang (ANTARA) - Lantamal VII Kupang mengerahkan Kapal Perang RI (KRI) Escolar-871untuk mengamankan jalannya Prosesi Laut Semana Santa 2024 yang digelar di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Komandan Lanal Maumere Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat mengatakan bahwa KRI tersebut sudah tiba di Larantuka pada Kamis (28/3) kemarin untuk persiapan pengamanan.

“Kami juga siapkan perahu karet bermesin 40 PK dari Lanal Maumere,” katanya.

KRI Escolar dengan nomor lambung 871 sendiri merupakan KRI milik Lantamal VII Kupang yang sering digunakan untuk berpatroli di wilayah perairan dan hukum Lantamal VII Kupang untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lebih lanjut kata dia, kehadiran TNI AL sebagai unsur maritim turut bertanggung jawab atas keselamatan serta keamanan selama kegiatan prosesi laut berlangsung.

“Sehingga memberikan rasa nyaman, keamanan dan meminimalisir kecelakaan di laut,” ujar dia.

Apalagi selat Gonzalu sendiri dikenal sebagai selat yang bahaya karena arus yang sangat kencang terjadi di selat tersebut dan beberapa tahun terakhir sering terjadi adanya kapal yang tenggelam akibat kencangnya arus laut yang berputar.

Selain Lantamal VII Kupang, Basarnas Maumere juga menyiagakan personel dan kapal untuk mendukung pengamanan perayaan tradisi keagamaan Pekan Suci Paskah Semana Santa 2024 di Larantuka.

"Kami memberangkatkan 19 orang dengan mengerahkan kapal KN SAR Puntadewa 250 guna melaksanakan siaga SAR saat diadakan prosesi Tuan Meninu menyambut Pekan Suci Paskah Semana Santa," kata Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan.

Dukungan Basarnas Maumere tersebut bagian dari bentuk sinergi sebagaimana permintaan Pemerintah Kabupaten Flores Timur untuk bantuan pengamanan di laut saat dilaksanakan kegiatan Pekan Suci Paskah Semana Santa 2024.

Basarnas Maumere pun menyanggupi permintaan itu dengan menyiagakan personel selama tiga hari yakni 28 Maret hingga 30 Maret 2024.

Ia pun menyatakan komitmen Basarnas Maumere untuk mendukung kelancaran perayaan tradisi keagamaan terbesar di Flores Timur itu.


Baca juga: Peziarah padati lokasi prosesi Semana Santa di Larantuka

Baca juga: Basarnas siagakan personel dukung perayaan Semana Santa

Baca juga: Uskup Larantuka harapkan Prosesi Semana Santa berjalan aman dan lancar








Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KRI Escolar diterjunkan amankan jalannya prosesi laut Semana Santa