China tak akan biarkan tindakan separatisme di Taiwan dan campur tangan asing

id china,amerika serikat,taiwan,menteri pertahanan

China tak akan biarkan tindakan separatisme di Taiwan dan campur tangan asing

Menteri Pertahanan China Admiral Dong Jun (kanan) di Beijing, China, Selasa (2/4/2024) (ANTARA/Ho-Humas Kemhan RI)

...Tentara Pembebasan Rakyat China tidak akan pernah mentolerir kegiatan separatis di Taiwan dan dukungan terhadap kegiatan itu dari luar negeri, kata Kementerian Pertahanan China yang mengutip pernyataan Dong pada Selasa, (16/4/2024)
Beijing (ANTARA) - China tidak akan membiarkan tindakan separatis di Taiwan dan campur tangan asing dalam kegiatan tersebut, kata Menteri Pertahanan Dong Jun dalam perbincangan melalui telekonferensi video dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin.

"Tentara Pembebasan Rakyat China tidak akan pernah mentolerir kegiatan separatis di Taiwan dan dukungan terhadap kegiatan itu dari luar negeri,” kata Kementerian Pertahanan China yang mengutip pernyataan Dong pada Selasa, (16/4/2024).

Menteri Pertahanan China itu menambahkan bahwa masalah Taiwan merupakan landasan kepentingan inti China, dan "kepentingan inti China tidak boleh dilanggar."

Dong juga meminta Washington untuk menghormati kedaulatan wilayah China di Laut China Selatan dan kepentingan maritimnya.

“AS harus mengakui sikap tegas China dan benar-benar menghormati kedaulatan wilayahnya di Laut China Selatan dan kepentingan maritimnya, menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan dalam hubungan antara angkatan bersenjata China dan AS dengan tindakan nyata,” kata Dong.

Dia menambahkan bahwa situasi di Laut China Selatan stabil secara umum, dengan negara-negara di wilayah itu "memiliki keinginan, kebijaksanaan dan kapasitas untuk menyelesaikan semua masalah."

Sumber: Sputnik

Baca juga: Jerman serukan diplomasi dan deeskalasi selesaikan sengketa di Laut China Selatan
Baca juga: China akan menghukum perusahaan terlibat jual senjata ke Taiwan
Baca juga: Otoritas China akan melindungi perusahaan yang dijatuhi sanksi oleh Inggris










Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: China tak akan toleransi separatisme di Taiwan dan campur tangan asing