Pemkab Manggarai Timur imbau warga laporkan jika alami kekeringan

id Pemda Manggarai Timur, BPBD, kekeringan, warga,Kepala BPBD Manggarai Timur Petrus Subin

Pemkab Manggarai Timur imbau warga laporkan jika alami kekeringan

Kepala BPBD Manggarai Timur Petrus Subin. ANTARA/Gecio Viana

...Masyarakat diharapkan gunakan air secara hemat dan jika terjadi kekurangan air segera laporkan ke Pemkab Manggarai Timur, kata Kepala BPBD Manggarai Timur Petrus Subin yang dihubungi dari Mbay, ibu kota Kabupaten Nagekeo, Senin, (20/5/2024)
Mbay (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengimbau warga di daerah itu untuk melaporkan jika mengalami kekeringan pada musim kemarau 2024.
 
"Masyarakat diharapkan gunakan air secara hemat dan jika terjadi kekurangan air segera laporkan ke Pemkab Manggarai Timur," kata Kepala BPBD Manggarai Timur Petrus Subin yang dihubungi dari Mbay, ibu kota Kabupaten Nagekeo, Senin, (20/5/2024).

Ia juga berharap media massa terus menginformasikan dan mengedukasi masyarakat terkait dampak kekeringan yang akan melanda daerah itu dalam beberapa bulan ke depan.
 
"Sehingga pemerintah dan masyarakat tentu waspada dan sigap hadapi situasi kekeringan," ungkapnya.
 
Ia juga menjelaskan pemerintah daerah telah menyiapkan satu unit mobil tanki air berkapasitas 5.000 liter milik BPBD Manggarai Timur untuk mendistribusikan air bersih bagi warga terdampak kekeringan.
 
Bila bencana kekeringan meluas, lanjut dia, pemerintah daerah akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mendistribusikan air bersih.
 
"Kami akan distribusi tergantung jarak, jumlah penduduk dan luas wilayah itu biasanya distribusi hingga dua hari," katanya.
 
Ia juga mengatakan sejauh ini belum ada laporan kekeringan, namun demikian berkaca dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya bencana kekeringan berpotensi terjadi pada bulan Agustus hingga September setiap tahunnya.
 
Wilayah potensi terdampak kekeringan, kata dia, berada di wilayah utara seperti Kecamatan Kecamatan Lamba Leda, Lamba Leda Utara dan Sambi Rampas juga di wilayah selatan seperti di Kecamatan Kota Komba, Borong dan Rana Mese.

Baca juga: Dinkes Nagekeo antisipasi berbagai penyakit dampak kekeringan
 
Langkah strategis yang telah disiapkan pemerintah daerah, lanjut dia, membuat surat imbauan untuk mewaspadai dampak kekeringan sekaligus upaya pencegahan bencana kekeringan kepada para camat dan kepala desa di daerah itu.

Baca juga: BPBD Sabu Raijua upayakan sumur bor atasi kekeringan

Baca juga: BPBD TTS identifikasi wilayah yang berpotensi kekeringan
 
"Langkah konkret jika terjadi bencana kekeringan maka akan dilakukan pendistribusian air bersih tadi," katanya.