Ini yang dibutuhkan lansia untuk menjaga kualitas hidup

id lansia, kesehatan

Ini yang dibutuhkan lansia untuk menjaga kualitas hidup

Ilustrasi - anak bersama orangtua yang sudah lanjut usia (lansia) (ANTARA/Pexels)

Mereka membutuhkan akses yang mudah ke perawatan kesehatan yang berkualitas, seperti kunjungan ke dokter secara rutin, pemeriksaan kesehatan, dan penanganan penyakit yang mungkin mereka alami...
Jakarta (ANTARA) -
Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia Kasandra Putranto S.Psi mengatakan seiring bertambahnya usia, lansia membutuhkan perhatian khusus dan dukungan untuk menjaga kesehatan dan kualitas hidup mereka.
 
Kasandra, melalui wawancara daring Jumat, (21/6/2024) mengatakan lansia sering mengalami perubahan fisik dan mental sehingga mereka membutuhkan akses yang mudah ke perawatan kesehatan yang berkualitas.

“Mereka membutuhkan akses yang mudah ke perawatan kesehatan yang berkualitas, seperti kunjungan ke dokter secara rutin, pemeriksaan kesehatan, dan penanganan penyakit yang mungkin mereka alami. Penting bagi lansia untuk memiliki akses yang mudah ke fasilitas dan layanan yang mereka butuhkan. Ini termasuk aksesibilitas fisik di tempat umum, transportasi yang ramah lansia, serta layanan kesehatan dan sosial yang dapat dijangkau,” katanya.

Selain itu diet seimbang juga penting untuk lansia agar sejahtera di masa tuanya. Lansia perlu mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, dan lemak sehat. Penting juga bagi mereka untuk minum air yang cukup agar tetap terhidrasi dengan baik.

Perhatian terhadap kesehatan fisik dan emosional lansia juga harus dijaga, hal ini bisa didapat dari olahraga dan aktivitas fisik untuk menjaga kekuatan otot dan mengurangi risiko penyakit kronis. Kasandra mengatakan, kegiatan yang menstimulasi otak seperti membaca, menulis, atau bermain puzzle, serta menjaga hubungan yang dekat dengan keluarga dan teman-teman dapat membantu menjaga kesehatan mental dan emosional mereka.

Lansia juga membutuhkan dukungan terhadap akses keselamatannya baik di rumah maupun di jalan dengan membantu lansia tetap aman beraktivitas.

“Selain itu, mereka juga mungkin membutuhkan bantuan dengan tugas sehari-hari seperti memasak, membersihkan rumah, atau mengurus kebutuhan pribadi,” kata Kasandra.

Dukungan sosial yang kuat dapat meningkatkan kualitas hidup mereka, mengurangi rasa kesepian, dan membantu mengatasi tantangan yang mungkin mereka hadapi.

Baca juga: Lansia mengompol bukan kondisi wajar, kata dokter

Baca juga: Artikel - Pencalonan Joe Biden dan kinerja para pemimpin lansia



 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ini yang dibutuhkan lansia di masa tua untuk menjaga kualitas hidup