Komisioner KPU di dua kabupaten di NTT belum terisi

id KPU

Komisioner KPU di dua kabupaten di NTT belum terisi

Juru bicara KPU NTT Yosafat Koli. (ANTARA Foto/Aloysius Lewokeda)

Komisioner KPU untuk Kabupaten Ende di Pulau Flores serta komisioner KPU untuk Kabupaten Sabu Raijua di Pulau Sabu, sampai saat ini belum terisi.
Kupang (ANTARA News NTT) - Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur Yosafat Koli mengatakan, komisioner KPU untuk Kabupaten Ende di Pulau Flores serta komisioner KPU untuk Kabupaten Sabu Raijua di Pulau Sabu, sampai saat ini belum terisi.

"Dari aspek kelembagaan kami sudah siapkan komisioner di 20 kabupaten/kota, minus dua yang belum yakni Sabu Raijua dan Ende," kata Yosafat Koli dalam rapat koordinasi Pemilu 2019 bersama TNI-Polri di Kupang, Rabu (27/2).

Ia menjelaskan, secara kelembagaan, peran komisioner KPU di Kabupaten Sabu Raijua hingga saat ini masih ditangani KPU provinsi dan tim seleksi untuk seleksi sudah dibentuk untuk seleksi ulang komisioner KPU di kabupaten itu.

"Sebetulnya sudah diproses tetapi ada permasalahan internal, dalam seleksi sebelumnya yang tersisah hanya dua atau tiga komisioner yang memenuhi syarat karena perlu dibuat ulang tim seleksinya kembali," katanya.

Yosafat menjelaskan, sedangkan untuk komisioner KPU Kabupaten Ende yang ada sekarang, akan mengakhiri masa jabatannya pada 7 April 2019 atau 10 hari menjelang Pemilu 2019.

Kondisi ini, lanjutnya, yang membuat koordinasi secara kelembagaan untuk persiapan Pemilu di daerah itu belum berjalan maksimal.

Baca juga: Tujuh kontainer berisi surat suara telah di Pelabuhan Tenau

"Namun Timsel untuk Ende sekarang sedang dicari untuk dibentuk, kita berharap ini segera terbentuk sehingga proses seleksi mulai dilakukan," katanya.

Pihaknya menargetkan, komisoner KPU di daerah itu akan dilantik sebelum 7 April 2019 sehingga persiapanan Pemilu 2019 bisa lebih memadai.

Yosafat menambahkan, KPU NTT memastikan untuk tetap membenahi kesiapaan komisioner KPU di 22 kabupaten/kota di NTT maupun unsur penyelenggara hingga tingkat bawah sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar.

Baca juga: Makassar sudah kirim logistik surat suara untuk NTT
Baca juga: KPU Kabupaten Kupang distribusikan logistik pemilu melalui laut