Ende lanjutkan pembangunan jalan wisata penyangga ke Kelimutu

id Kelimutu

Ende lanjutkan pembangunan jalan wisata penyangga ke Kelimutu

Bupati Ende, Marsel Petu (tengah) bersama Wakilnya Djafar Ahmad (kanan) menggelar jumpa pers di Kupang, Minggu (7/4), sambil menanti acara pelantikan bupati-wakil bupati terpilih dalam pilkada serentak 2018.(ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)

"Objek-objek wisata penyangga Taman Nasional Kelimutu terus kami perkuat termasuk membangun akses jalan di lintas utara dan selatan Ende," kata Marsel Petu.
Kupang (ANTARA) - Bupati Ende Marsel Petu mengatakan pemerintahannya berkomitmen melanjutkan pembangunan akses jalan menuju objek-objek wisata alam dan budaya yang menjadi penyangga destinasi wisata unggulan Taman Nasional (TN) Kelimutu, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

"Objek-objek wisata penyangga Taman Nasional Kelimutu terus kami perkuat termasuk membangun akses jalan di lintas utara dan selatan Ende," katanya kepada wartawan di Kupang, Minggu (7/4).

Marsel Petu bersama wakilnya Djafar Ahmad berada di Kupang untuk mengikuti pelantikan sebagai Bupati-Wakil Bupati terpilih periode 2019-2024 melalui Pilkada serentak 2018 di Kabupaten Ende.

Ia mengatakan, terpilihnya dia bersama wakilnya untuk periode ke dua merupakan amanah dan kesempatan berharga untuk melanjutkan berbagai program pembangunan sebelumnya termasuk sektor pariwisata.

Ia menjelaskan, selama lima tahun pemerintahannya pada periode pertama, telah dibangun lima ruas jalan paralel di wilayah utara dan selatan Kabupaten Ende dengan total jarak lebih dari 200 kilometer.

Ruas-ruas jalan tersebut, lanjutnya, yang menghubungkan objek-objek wisata penyangga seperti wisata alam, laut dan pantai, kampung adat, dan wisata budaya lainnya.

Baca juga: Kunjungan wisatawan ke Kelimutu selama Lebaran capai 9.614 orang

"Dulunya ruas-ruas jalan kabupaten ini masih jalan tanah dan sekarang sudah hotmix," katanya.

Ia mengatakan, hanya tersisa beberapa titik pada lima ruas jalan tersebut yang belum dibangun dan akan dituntaskan dalam satu atau dua tahun ke depan.

Sementara itu, lanjutnya, untuk ruas jalan utama menuju Taman Nasional Kelimutu sepenuhnya dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui APBN.

"Prinsipnya pembangunan pariwisata tetap kami pertahankan ke depan, karena Ende sudah memiliki branding yang kuat sebagai kota lahirnya Pancasila yang merupakan ideologi bangsa dan negara Indonesia," katanya.

Baca juga: Pelatihan ekowisata bagi masyarakat di sekitar TN Kelimutu
Baca juga: Kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Kelimutu meningkat
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar