Enam wilayah di NTT berpotensi dilanda hujan

id cuaca di ntt

Enam wilayah di NTT berpotensi dilanda hujan

Cuaca yang kurang bersahabat masih melanda sebagian wilayah Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/HO-A Wahab Sidin)

"Ke-enam wilayah itu adalah Manggarai Timur dan Ngada, Nagekeo, Ende, Alor, dan Lembata," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi.
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun El Tari Kupang memprakirakan, enam wilayah kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) berpotensi dilanda hujan deras disertai angin dalam beberapa hari ke depan.

"Ke-enam wilayah itu adalah Manggarai Timur dan Ngada, Nagekeo, Ende, Alor, dan Lembata," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi El Tari, Agung Sudiono Abadi di Kupang, Selasa (21/1), terkait cuaca di NTT.

Ia mengatakan, dengan tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir, maka masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat/petir.

Selain itu, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir, diimbau untuk mewaspadai potensi tinggi gelombang laut.

Menurut dia, gelombang laut setinggi 1.5 - 2.0 meter berpotensi terjadi di wilayah Selat Sumba bagian barat, Laut Sawu, Perairan selatan Kupang-Rote, dan Samudra Hindia. "Kondisi ini dapat berisiko tinggi terhadap perahu nelayan dan kapal Tongkang," katanya. 
Tinggi gelombang enam meter saat ini melanda wilayah perairan laut selatan Kupang, Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur serta beberapa daerah lainnya seperti di Flores dan Sumba. (ANTARA FOTO/HO-Dok)