Lagi, Pasien positif COVID-19 sembuh di NTT bertambah

id COVID-19 NTT,NTT

Lagi, Pasien positif COVID-19 sembuh di NTT bertambah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere. (Antara/ Benny Jahang)

Jumlah pasien COVID-19 yang mengalami kesembuhan di NTT terus bertambah menjadi tujuh orang dari sebelumnya enam orang
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Dominikus Minggu Mere, menyebutkan satu pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19 sehingga total pasien yang sembuh di daerah ini menjadi tujuh orang.

"Ada penambahan satu pasien positif COVID-19 di NTT yang dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19. Pasien yang sembuh itu berasal dari kluster Sukabumi Jawa Barat," kata Dominikus Minggu Mere ketika dihubungi di Kupang, Sabtu (23/5).

Ia mengatakan, jumlah pasien COVID-19 yang mengalami kesembuhan di NTT terus bertambah menjadi tujuh orang dari sebelumnya enam orang.

Berdasarkan pemeriksaan sample swab yang dilakukan selama dua kali di laboratorium biologi molekuler PCR, RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang hasilnya sudah negatif.

Menurut dia, pasien yang dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19 merupakan salah satu pasien yang masuk dalam kluster Sukabumi, Jawa Barat, yang sempat dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara (RSB) Titus Uly.

"Jadi total pasien yang sembuh dari kluster Sukabumi sebanyak enam orang dan satu lainnya merupakan pasien yang terpapar COVID-19 saat berada di Jakarta," tegas Dominikus.

Ia menambahkan berdasarkan hasil pemeriksaan di laboratorium terhadap 48 sampel swab pasien COVID-19 yang diperiksa pada Sabtu (23/5/2020) semuanya dinyatakan negatif.

Ia menjelaskan, 48 sample swab yang negatif merupakan rujukan dari Rumah Sakit Tentara (RST) Wirasakti Kupang, RS Siloam Kupang, RSUD Lembata serta RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi NTT, Marius Ardu Jelamu mengatakan bertambahnya satu pasien positif COVID-19 yang sembuh merupakan kabar gembira bagi daerah ini yang secara serius melakukan berbagai upaya penanganan wabah COVID-19.

Data-data pasien positif COVID-19 di hingga 23 Mei 2020 NTT, yakni
1.Kota Kupang 20 orang dan enam orang sembuh serta satu meninggal dunia, 
2 Kabupaten Sikka 27 orang
3. Kabupaten Manggarai Barat 14 orang
4. Kabupaten Sumba Timur tujuh orang
5. Kabupaten Ende enam orang
6. Kabupaten Timor Tengah Selatan tiga orang
7. Kabupaten Rote Ndao dua orang
8. Kabupaten Manggarai satu orang
9. Kabupaten Flores Timur satu orang
10. Kabupaten Nagekeo satu orang

Baca juga: 355 sampel swab di NTT negatif COVID-19
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar