Taat anjuran petugas, jadi modal kesembuhan sejumlah paienCOVID-19 di NTT

id ntt,kupang

Taat anjuran petugas, jadi modal kesembuhan sejumlah paienCOVID-19 di NTT

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Marius Ardu Jelamu. (Antara/ Benny Jahang)

Perawatan medis yang dilakukan para dokter, perawatan di berbagai rumah sakit di NTT sangat maksimal dan didukung para pasien yang taat mengikuti arahan dokter dan petugas medis sehingga mempercepat kesembuhan
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) menyebutkan tingginya tingkat kesembuhan pasien positif COVID-19 di NTT disebabkan para pasien sangat taat terhadap anjuran petugas medis selama proses perawatan berlangsung di rumah sakit setempat.

"Kepatuhan para pasien terhadap anjuran petugas medis sangat tinggi, sehingga jumlah kesembuhan pasien positif COVID-19 di NTT sangat tinggi hingga mencapai 81 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu kepada wartawan di Kupang, Selasa (30/6).

Ia mengatakan, jumlah pasien positif COVID-19 di NTT yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 81 orang dari 114 pasien positif COVID-19 yang tersebar di 12 kabupaten/kota di NTT.

"Perawatan medis yang dilakukan para dokter, perawatan di berbagai rumah sakit di NTT sangat maksimal dan didukung para pasien yang taat mengikuti arahan dokter dan petugas medis sehingga mempercepat kesembuhan," tegas Marius.

Baca juga: Normal baru di NTT diharapkan dalam ranah pencegahan COVID
Baca juga: Pemb Sikka terapkan tracing kontak intensif cegah penyebaran COVID-19


Pemerintah, kata dia, mengapresiasi seluruh warga NTT yang menjunjung tinggi rasa solidaritas dengan tidak mengucilkan pasien yang terpapar COVID-19, sehingga menjadi obat pshikoligis yang sangat ampuh dalam mendorong percepatan kesembuhan pasien COVID-19 di NTT.

Selain itu, dia menambahkan, peran TNI dan Polri dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di NTT sangat besar dengan gencar melakukan edukasi terhadap warga dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Semboyan Taan Tou jaga Lembata bebas kasus COVID-19

"Anggota TNI dan Polri turun langsung ke warga untuk melakukan penyemprotan disinfektan dalam mencegah penyebaran COVID-19," kata Marius.

Kendati tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di NTT terus bertambah namun warga diminta tetap waspada dengan tetap mengikuti anjuran pemerintah dalam penerapan protokol kesehatan dalam melakukan aktifitas di kantor, tempat usaha seperti mall, pasar serta kegiatan peribadatan yang berlangsung di rumah ibadah.