Sembilan kabupaten di NTT bebas kasus positif COVID-19

id ntt,kupang,covid

Sembilan kabupaten di NTT  bebas kasus positif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere. ANTARA/Benny Jahang

Kami mengingatkan agar protokol kesehatan tetap dijalankan secara konsisten sehingga tidak muncul kasus positif baru di daerah yang sudah bebas dari paparan kasus COVID-19
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere menyebutkan sebanyak 9 dari 15 kabupaten/kota telah bebas dari kasus positif COVID-19 setelah pasien yang terkonfirmasi COVID-19 di daerah itu dinyatakan sembuh.

"Sudah sembilan kabupaten yang telah nol kasus positif COVID-19. Masih ada enam daerah yang masih masuk dalam zona merah kasus positif COVID-19 di NTT," kata Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Kupang, Rabu, (22/7). Dominikus mengatakan hal itu terkait perkembangan penanganan COVID-19 di NTT.

Baca juga: Delapan pasien COVID-19 di NTT sembuh

Sembilan kabupaten yang telah bebas dari kasus positif COVID-19 yaitu Kabupaten Kupang, Rote Ndao, Timor Tengah Selatan (TTS), Sikka, Flores Timur, Ende, Manggarai, Sumba Timur, Nagekeo.

Sementara enam kabupaten/kota yang masih memiliki pasien positif COVID-19 yaitu Kota Kupang dua orang, Manggarai Barat enam orang, Sumba Barat Daya tiga orang dan Sumba Barat lima orang, Timor Tengah Utara satu orang dan Lembata satu orang.

"NTT masih memiliki 18 orang pasien positif COVID-19 tersebar di enam kabupaten/kota itu. Para pasien itu sedang dalam perawatan," kata Dominikus.

Baca juga: Pemkot Kupang tutup Puskesmas Pasir Panjang terkait COVID-19

Ia mengatakan, jumlah pasien positif COVID-19 di NTT yang sembuh hingga Selasa (21/7/2020) mencapai 118 orang dari 137 pasien yang terpapar COVID-19 serta satu orang meninggal dunia.

Pemerintah NTT berharap sembilan daerah yang sudah bebas dari kasus positif COVID-19 untuk tetap waspada terhadap terjadinya penularan COVID-19 mengingat jumlah pelaku perjalanan ke NTT saat ini sangat tinggi.

Baca juga: Pemda di NTT didorong terbitkan peraturan penanganan COVID-19

"Kami mengingatkan agar protokol kesehatan tetap dijalankan secara konsisten sehingga tidak muncul kasus positif baru di daerah yang sudah bebas dari paparan kasus COVID-19," kata Dominikus.