Lanud El Tari menggelar latihan pengamanan pangkalan

id Lanud El tari, TNI, NTT,Kota Kupang

Lanud El Tari menggelar latihan pengamanan pangkalan

Dua anggota Pasukan Khas TNI AU (Paskhas) mengamankan seorang terduga pelaku terorisme dalam latihan Pertahanan Pangkalan Udara El Tari Kupang, NTT, Selasa,(20/10/2020). Latihan rutin itu dilakukan sebagai bagian dari melatih kesiapsiagaan personel baik personel TNI AU dan Paskhas dalam hal pengamanan kawasan vital negara khususnya di lingkup Lanud EL Tari dan Bandara El Tari Kupang. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Ada dua regu yang kita terjunkan untuk patroli dan juga melibatkan Paskhas sebanyak satu tim yang terdiri dari dua penembak jitu dan juga tiga orang sebagai pasukan penyerang
Kupang (ANTARA) - Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur, mengelar latihan pengamanan pangkalan dalam rangka mengantisipasi berbagai ancaman yang dapat mengganggu keamanan di wilayah NTT.

Komandan Lanud El Tari Kupang Kolonel (pnb) Bambang Juniar di Kupang, Selasa, (20/10) mengatakan bahwa patroli itu melibatkan sejumlah personel dari TNI AU serta satuan pasukan khas TNI AU (Paskhas) yang disertai dengan dua personel penembak jitu.

"Ada dua regu yang kita terjunkan untuk patroli dan juga melibatkan Paskhas sebanyak satu tim yang terdiri dari dua penembak jitu dan juga tiga orang sebagai pasukan penyerang," katanya.

Ia menjelaskan bahwa latihan rutin tersebut akhirnya kembali digelar setelah sebelumnya ditunda akibat adanya pandemi COVID-19, namun saat ini pelaksanaan latihan kembali digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Orang nomor satu di Lanud El Tari Kupang itu mengatakan bahwa skenario latihan sendiri berawal dari adanya laporan dari sejumlah personel TNI AU yang sedang berpatroli dan menemukan adanya sebuah gubuk yang diketahui sebagai lokasi pembuatan virus mematikan.

Usai ditemukan sejumlah intel kemudian diterjunkan untuk memantau langsung laporan tersebut. Usai dipastikan benar bahwa ada aktivitas pembuataan virus, tim dari Paskhas kemudian diterjunkan.
Sebuah pondok lokasi pembuatan virus berbahaya diledakan dalam dalam latihan Pertahanan Pangkalan Udara El Tari Kupang, NTT, Selasa ,Senin (20/10/2020). Latihan rutin itu dilakukan sebagai bagian dari melatih kesiapsiagaan personel baik personel TNI AU dan Paskhas dalam hal pengamanan kawasan vital negara khususnya di lingkup Lanud EL Tari dan Bandara El Tari Kupang. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha


Aksi saling tembak menembak pun terjadi. Ledakan granat terjadi di sekitar gubuk kecil tersebut. Untuk mengelabui lawan tim Paskhas kemudian melemparkan sejumlah granat asap.

Tak berselang lama, hanya dalam waktu kurang lebih dua menit pasukan Paskhas berhasil mengambil alih gubuk tersebut dan mengamankan seorang pria bersenjata lengkap dan seorang dokter yang diketahui sebagai pembuat virus mematikan tersebut.

Tim Paskhas kemudian membawa pria bersenjata tersebut untuk ditahan oleh Polisi Militer AU untuk kemudian ditelusuri motif dari pembuatan virus berbahaya tersebut.

Usai dilakukan penangkapan, tim Paskhas kemudian menghancurkan gubuk tersebut dengan bom untuk menghindari ada lagi aktivitas berbahaya lainnya.

Lebih lanjut kata Bambang, kegiatan latihan pertahanan pangkalan itu merupakan latihan rutin yang akan terus dilakukan.

Baca juga: Lanud El Tari Kupang gelar pemeriksaan COVID-19

Baca juga: TNI AU menggelar operasi pengintaian di ALKI III

Terkait keamanan di kawasan wilayah NTT baik udara khususnya di lingkungan Lanud El Tari dan Bandara El Tari Bambang mengatakan hingga saat ini tetap aman-aman saja dan tak ada ancaman-ancaman yang membahayakan masyarakat di daerah itu.