Warga di perbatasan RI-Timor Leste terima suntikan vaksin dosis pertama

id Lantamal VII Kupang, NTT, vaksin COVID-19,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Warga di perbatasan RI-Timor Leste terima suntikan vaksin dosis pertama

Warga perbatasan mengantre untuk terima suntikan vaksin yang digelar oleh Lantamal VII Kupang, di Kabupaten Belu. ANTARA/Ho-Lantamal VII Kupang.

...Kita targetkan 250 orang warga di daerah ini divaksin. Kami libatkan 10 orang tenaga kesehatan dari Diskes Lantamal VII Kupang...
Kupang (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang menyasar 250 orang dalam vaksinasi COVID-19 dosis pertama yang digelar di pesisir Pantai Atapupu, Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Timor Leste.

Wakil Komandan Lantamal VII Kupang Kolonel Marinir Hendra Setiawan kepada wartawan di Atapupu, Jumat, mengatakan bahwa vaksinasi di wilayah perbatasan itu mengusung tema “Ayo Katong Vaksin Gratis, Aman dan Halal Supaya Katong Bebas Corona".

"Kita targetkan 250 orang warga di daerah ini divaksin. Kami libatkan 10 orang tenaga kesehatan dari Diskes Lantamal VII Kupang," katanya.

Ia mengatakan bahwa pelaksanaan serbuan vaksinasi bagi masyarakat di wilayah perbatasan itu sebagai upaya dari mempercepat pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat di NTT sekaligus membantu program pemerintah.

Apalagi saat ini ujar dia, telah terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang kasusnya mencapai tiga sampai empat kali lipat, untuk itulah percepatan program vaksinasi nasional terus dilakukan pemerintah guna menciptakan kekebalan komunal dan menekan laju penyebaran COVID-19 sehingga tercipta "herd Immunity".

Lebih lanjut Lantamal VII Kupang lanjut dia sebagai bagian dari organisasi TNI mendukung penuh program percepatan vaksinasi pemerintah. Oleh karena itu melalui program pekan serbuan vaksinasi masyarakat maritim TNI AL yang dilaksanakan di Posal Atapupu di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste ini dalam rangka mendukung program pimpinan TNI dan Kepala Staf Angkatan Laut ( Kasal) sekaligus menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 76 Tahun 2021.

“Saya setelah melaksanakan vaksinasi, tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan yaitu 5M, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas dalam kehidupan sehari-hari,” ujar dia.

Baca juga: Cegah kerumunan Lantamal VII Kupang gandeng kelurahan gelar vaksinasi

Dalam kesempatan tersebut Bupati Belu Bapak dr. Agustinus Taolin, mengucapkan terima kasih kepada TNI AL terutama Lantamal VII yang sudah mengadakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

"Terima kasih kepada TNI AL yang sudah membantu kami, saya berharap masyarakat yang sudah menerima vaksin agar terus menjaga kesehatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker," ujar dia.
Baca juga: Lantamal VII Kupang kembali gelar serbuan vaksinasi COVID-19

Bupati juga berharap bantuan dari berbagai pihak untuk membantu pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat, karena memang menurut dia masih banyak warga di kabupaten itu yang belum menerima suntikan vaksin, apalagi yang berada di wilayah pedalaman.