Vaksinasi COVID-19 di Mabar capai 19,1 persen

id Vaksinasi, COVID-19, labuan bajo, manggarai barat, NTT

Vaksinasi COVID-19 di Mabar capai 19,1 persen

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng saat menjelaskan tren kasus COVID-19 di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Senin (16/8/2021) (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Kalau bisa November sudah selesai (vaksinasi). Tapi semua tergantung stok vaksin. Kalau vaksin ada, kita akan kerja terus

Labuan Bajo (ANTARA) - Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng menyebutkan capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mencapai 19,1 persen dari target.

"Capaian vaksinasi dosis pertama di Manggarai Barat sudah sebanyak 47.909 jiwa atau 19,1 persen dari target vaksinasi untuk 250 ribu jiwa," kata Yulianus di Labuan Bajo, Senin, (16/8).

Wabup Yulianus mengatakan untuk capaian vaksinasi dosis kedua tercatat sebesar 14,7 persen atau sebanyak 36.801 jiwa.

Adapun target vaksinasi sebanyak 250 ribu jiwa tersebut telah mencakup masyarakat Manggarai Barat dan proyeksi bagi para pelaku perjalanan (wisatawan).

Ia menjelaskan stok vaksin yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat saat ini sebanyak 1.774 dosis. Jumlah tersebut terbagi atas 1.130 vaksin Sinovac dan 644 vaksin Moderna.

Jika ada vaksin yang masuk, katanya, Pemkab Manggarai Barat akan bekerja sama dengan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) untuk vaksinasi massal sebanyak 5.000 dosis. Hal itu dilakukan guna percepatan vaksinasi di daerah pariwisata tersebut.

"Kalau bisa November sudah selesai (vaksinasi). Tapi semua tergantung stok vaksin. Kalau vaksin ada, kita akan kerja terus," ungkapnya.

Baca juga: Wabup Mabar: Kasus COVID-19 di Manggarai Barat menurun

Sebagai daerah prioritas, Pemkab Manggarai Barat terus membangun komunikasi dengan kementerian terkait ketersediaan vaksin.

Baca juga: Mabar dapat tambahan pasokan 530 vial vaksin Moderna

Ia berharap ketersediaan stok vaksin dapat menjadi perhatian pemerintah pusat sehingga percepatan vaksinasi di daerah pariwisata super premium itu bisa berjalan dengan lancar.