Kembangkan Pulau Semau jadi obyek wisata

id Liman

Kembangkan Pulau Semau jadi obyek wisata

Pantai Liman, salah satu obyek wisata yang cukup menjanjikan di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, NTT (ANTARA Foto/dok)

"Banyak sekali obyek wisata di pulau yang terletak tak jauh dari bibir pantai Kota Kupang itu. Jika ditata dengan baik, saya optimistis akan menjadi semut bagi wisatawan mancanegara," kata Yosep Lede.
Kupang (AntaraNews NTT) - Ketua DPRD Kabupaten Kupang Yosef Lede mendesak Dinas Pariwisata setempat untuk mengembangkan Pulau Semau menjadi salah satu destinasi pariwisata di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Banyak sekali obyek wisata di pulau yang terletak tak jauh dari bibir pantai Kota Kupang itu. Jika ditata dengan baik, saya optimistis akan menjadi semut bagi wisatawan mancanegara," katanya saat dihubungi di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan masyarakat Pulau Semau juga mendesak pemerintah Kabupaten Kupang untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai prioritas utama dalam pembangunan tahun 2018.

"Kondisi ini menunjukkan bahwa potensi pariwisata di Pulau Semau sangat menjanjikan, dan kita juga berharap agar Dinas Pariwisata juga jangan hanya tinggal diam saja," katanya.

Ia mengatakan salah satu obyek wisata yang menarik di Pulau Semau adalah Pantai Liman yang terletak selatan pulau itu. "Pantai itu sangat ramai dikunjungi wisatawan dari Australia untuk berakhir pekan," katanya.

Pantai Liman memiliki pantai dengan hamparan pasir putih bersih yang sangat luas dan alami dengan latar belakang gugusan bukit kecil sehingga memperindah alam pantai itu.

"Pantainya sangat indah sekali sehingga kita mendorong pemerintah Kabupaten Kupang untuk mengali potensi wisata sehingga mampu memberikan kontribusi pendapatan terhadap daerah ini. Salah satunya Pantai Liman di Pulau Semau," tegas Lede.

Menurut politisi Partai Gerindra ini, sektor pariwisata di Pulau Semau, memiliki peluang yang lebih cepat mendapatkan devisa dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi warga lokal.

"Biaya untuk pembangunan sektor pariwisata sangat murah. Tidak terlalu membutuhkan biaya besar," kata Lede.

Dalam mendukung pembangunan sektor Pariwisata di Pulau Semau, pembangunan infrastruktur jalan menuju Pantai Liman ,harus segera dibenahi sehingga dapat memudahkan akses wisatawan nusantara maupun manca negara berkunjung ke daerah itu.

"Dalam musrengbang di Kecamatan Pulau Semau dan Semau Selatan masyarakat mengharapkan agar pemerintah membangun infrastruktur jalan dan embung di daetah itu guna mendukung pembangunan sektor pertanian dan pariwisita," tegas Lede.