Akankah Pantai Liman jadi destinasi wisata unggulan di NTT?

id Pantai Liman

Akankah Pantai Liman jadi destinasi wisata unggulan di NTT?

Wisatawan nusantara sedang menikmati keindahan alam di Pantai Liman, Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/HO-istimewa)

Pantai Lima di Pulau Semau memiliki panorama alam yang indah sebagai lokasi wisata akhir pekan bagi para wisatawan.
Kupang (ANTARA) - Pemerintahan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat telah menetapkan kawasan wisata Pantai Liman dan Pantai Otan di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, sebagai destinasi wisata unggulan di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu ketika dihubungi ANTARA di Kupang, Minggu (8/12), mengatakan pantai Lima di Pulau Semau memiliki panorama alam yang indah sebagai lokasi wisata akhir pekan bagi para wisatawan.

"Kawasan wisata Pantai Liman sangat indah dan tenang jauh dari keramaian sehingga cocok untuk lokasi berakhir pekan bagi para wisatawan asing dan nusantara," kata Marius Ardu Jelamu.

Ia mengatakan, pemerintah Nusa Tenggara Timur sedang membangun beberapa cottage untuk wisatawan yang berwisata.

Cottage adalah akomodasi yang mirip dengan villa, tapi biasanya berupa bangunan, seperti pondok atau rumah kecil yang terpisah-pisah dan sederhana. Meskipun tidak sebesar villa, tapi cottage juga cocok dijadikan sebagai lokasi bulan madu.
Sejumlah wisatawan menikmati keindahan alam di kawasan wisata Pantai Liman, Pulau Semua, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA FOTO/Aloysius Lewokeda)
Selain itu, tambah Marius Ardu Jelamu, pemerintah juga membangun jalan dan beberapa fasilitas umum seperti MCK dalam kawasan itu sehingga wisatawan menjadi lebih nyaman selama berada di Pantai Liman.

"Keberadaan berbagai fasilitas itu untuk memanjakan wisatawan sehingga menjadi lebih lama untuk berwisata, selama ini Pantai Lima banyak wisatawan dari Australia," ungkap Marius Ardu Jelamu.

Ia mengatakan, kawasan wisata Pantai Liman yg indah mempesona dengan pantainya yang eksotik dengan gulungan ombaknya yg membahana membuat wisatawan akan merasa betah di daerah itu.

Dikatakannya pada Sabtu (7/12/2019) Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat bersama Wakil Gubernur, Josef A Nae Soi serta Sekretaris Daerah, Ben Polo Maing berwisata ke Pantai Liman sekaligus melihat secara langsung aktivitas pembangunan fasilitas wisata di kampung halamannya Gubernur Viktor Laiskodat itu.

Gubernur Viktor Laiskodat, kata Marius Ardu Jelamu berharap semua sarana prasarana yang dibangun dapat bermanfaat dan menarik bagi kunjungan wisatawan yang hendak ke Pulau Semau.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat juga berharap masyarakat Pulau Semau harus mampu menyesuaikan diri dengan dunia pariwisata .

"Gubernur NTT berharap masyarakat mulai belajar bagaimana pariwisata, apa yg diinginkan oleh wisatawan, makanan dan penginapan seperti apa yang mereka inginkan sehingga pembangunan ekonomi masyarakat menjadi lebih cepat berkembang," kata Marius. 
Pengunjung bermain di pingiran pantai Liman, Pulau Semau, Kabupaten Kupang, NTT, Sabtu, (10/9/2016). (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)