Basarnas Kupang terkendala di mobil jenazah

id Basarnas

Basarnas Kupang terkendala di mobil jenazah

Kepala Basarnas Kupang Abram Benyamin Kolimon (ANTARA Foto/dok)

"Kendala yang kami hadapi selama ini adalah ketiadaan mobil jenazah untuk mengevakuasi korban yang meninggal saat menuju rumah sakit," kata Abram Benyamin Kolimon.
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Badan Pertolongan dan Pencarian Nasional (Basarnas) Kupang, Nusa Tenggara Timur Abram Benyamin Kolimon mengakui bahwa pihaknya masih terkendala pada mobil jenazah saat melakukan evakuasi korban bencana yang meninggal dunia.

"Kendala yang kami hadapi selama ini adalah ketiadaan mobil jenazah untuk mengevakuasi korban yang meninggal saat menuju rumah sakit," kata Abram ketika ditemui di Kupang, Rabu, terkait kendala dihadapi Basarnas Kupang dalam penanganan korban bencana di NTT.
Basarnas Kupang berhasil menemukan dua korban pasangan suami isteri dalam keadaan tewas di sebuah sungai yang diseberangi di Kabupaten Kupang, NTT. (ANTARA/Basarnas)
Ia mengatakan operasi pencarian dan penyelamatan dilakukan Basarnas selalu terhambat dengan ketersediaan mobil jenazah, sehingga waktu pelaksanaan operasi menjadi sangat lama.

"Seharusnya mobil jenazah sudah dalam kondisi siaga di sekitar lokasi kejadian ketika Basarnas melakukan operasi pencarian, sehingga ketika korban meninggal ditemukan langsung dievakuasi ke rumah sakit," kata Abram.

Basarnas, kata dia, selalu berkoordinasi dengan berbagai rumah sakit milik pemerintah di daerah ini saat melakukan evakuasi korban untuk mendapatkan bantuan mobil jenazah.

Baca juga: Basarnas gelar pelatihan pertolongan di ketinggian

"Pihak rumah sakit selalu mengatakan bahwa kendaraan yang ada hanya mobil ambulans. Mobil ambulans tentu tidak digunakan untuk mengangkut jenazah," ujarnya.

Pada saat yang bersamaan, misalnya, mobil jenazah tersebut masih digunakan untuk mengantar jenazah. "Kondisi ini yang biasa kami hadapi saat berlangsungnya sebuah operasi," katanya.

Ia mengatakan, Basarnas Kupang sedang memodifikasi satu unit mobil operasional untuk digunakan sebagai mobil jenazah dalam mendukung kelancaran tugas Basarnas.
Baca juga: Basarnas Temukan Empat Prajurit Yang Hilang

Abram menegaskan, Basarnas Kupang sudah mengajukan permohonan pengadaan mobil jenasah kepada Basarnas Pusat.

"Kita sangat berterimah kasih kalau pemerintah NTT juga bisa membantu mobil jenazah untuk mendukung kegiatan operasi kemanusiaan yang dilakukan Basarnas setempat," demikian Abram Benyamin Kolimon.