Dishub NTT kaji pembangunan empat pelabuhan baru

id Rasi

Sekretaris Dinas Perhubungan NTT Yoseph Rasi

Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Timur mengkaji pembangunan empat pelabuhan baru untuk mendukung aktivitas penyeberangan di provinsi berbasis kepulauan ini.
Kupang (AntaraNews NTT) - Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Timur mengkaji pembangunan empat pelabuhan baru untuk mendukung aktivitas penyeberangan di provinsi berbasis kepulauan ini.

"Empat pelabuhan baru yang direncanakan ini kami kaji pada 2018, setelah itu akan diusulkan ke pemerintah pusat untuk pembangunannya," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi NTT Yos Rasi di Kupang, Senin (14/5).

Empat lokasi pelabuhan itu adalah Pulau Pemana dan Pulau Besar di Kabupaten Sikka, Oepoli di Kabupaten Kupang, dan Maubesi Hasan di Kabupaten Malaka.

Ia mengatakan, letak empat lokasi pembangunan pelabuhan regional itu cukup strategis untuk mendukung aktivitas penyeberangan antardaerah di Pulau Timor (Oepoli dan Maubesi Hasan) maupun Pulau Flores (Pulau Pemana dan Pulau Besar).

Yos Rasi menjelaskan, dalam konteks pembangunan infrastruktur pelabuhan, pemerintah provinsi memiliki kewenangan yang terbatas hanya pada studi atau kajian.

Baca juga: Kemenhub bangun pelabuhan di Oepoli

Selanjutnya, pada tahap pembangunan maupun pengembangan pelabuhan merupakan wewenang pemerintah pusat. "Karena itu kami harus berkoordinasi dengan pusat, di sisi lain untuk membangun pelabuhan baru membutuhkan biaya yang cukup besar," katanya.

Menurutnya, pemerintah pusat sangat terbuka terhadap pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan daerah dengan catatan dapat direncanakan secara baik.

"Terkait studi kelayakan, kesiapan lahan, dan lainnya dalam tahap perencanaan harus sudah siap supaya bisa dibangun," katanya.

Ia berharap, kajian tersebut dapat dituntaskan dalam tahun ini sehingga dapat diajukan ke pusat untuk pembangunannya pada 2019.

Menurutnya, infrastruktur pelabuhan menjadi kebutuhan penting untuk dipenuhi guna mendukung aktivitas perpindahan barang dan jasa antardaerah, mengingat NTT sendiri merupakan daerah bercirikan kepulauan.

Saat ini, NTT memiliki sebanyak 42 pelabuhan laut di antaranya satu pelabuhan internasional yakni Tenau Kupang, 11 pelabuhan regional dan 21 pelabuhan lokal yang disinggahi kapal penumpang milik Pelni, armada pelayaran rakyat, perintis dan kapal penyeberangan.
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar