Distan NTT dorong petani akses KUR tingkatkan produksi jagung

id NTT, petani NTT, KUR, pengembangan jagung, petani jagung

Distan NTT dorong petani akses KUR tingkatkan produksi jagung

Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT Lecky Koli. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Kondisi APBD kita terbatas sementara pelayanan kita banyak, sehingga kami mendorong petani untuk bisa berhubungan dengan lembaga jasa keuangan agar mendapatkan pembiayaan
Larantuka (ANTARA) - Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Lecky Koli mendorong para petani di provinsi setempat agar mengakses Kredit Usaha Rakyat (KUR) lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan tanaman jagung.

"Kondisi APBD kita terbatas sementara pelayanan kita banyak, sehingga kami mendorong petani untuk bisa berhubungan dengan lembaga jasa keuangan agar mendapatkan pembiayaan," katanya dalam keterangan yang diterima di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Senin, (15/11).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan upaya meningkatkan produksi jagung di NTT yang sedang digalakkan pemerintah provinsi melalui Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS).

Lecky mengatakan pemerintah provinsi memiliki kemampuan APBD yang terbatas untuk melayani semu petani jagung yang tersebar di 21 kabupaten, sehingga inisiatif petani mengakses permodalan melalui KUR akan sangat membantu dalam menyukseskan Program TJPS.

Dengan mengakses KUR, kata dia maka petani bisa mendapatkan dana untuk biaya input seperti pembelian benih, pupuk, pestisida, dan sebagainya sehingga setiap hektare lahan bisa dimanfaatkan secara optimal.

Lebih lanjut Lecky mengatakan berdasarkan hasil perhitungan, jika satu hektare lahan bisa menghasilkan tujuh ton jagung maka bisa menghasilkan penerimaan hingga Rp28 juta.

Sementara pengeluaran untuk persiapan tanam berkisar antara Rp9 juta-Rp10 juta sehingga potensi pendapatan yang bisa diperoleh petani dalam satu hektare jagung bisa mencapai hingga Rp18 juta.

Dengan penghasilan ini, kata dia dapat digunakan untuk pengadaan ternak kecil maupun sapi sehingga petani bisa membangun ketahanan ekonomi dalam waktu yang lebih panjang.

"Proses seperti ini yang diharapkan terus bergulir karena ini lah tujuan dari hadirnya Program TJPS yakni mewujudkan ketahanan ekonomi rumah tangga petani di NTT," katanya.

Baca juga: Distan NTT catat luas tanam jagung program TJPS capai 4.000 ha

Baca juga: Distan NTT mengimbau petani antisipasi dampak bencana hidrometeorologi