Wabup SBD ingatkan warga selalu waspada ancaman tsunami

id tsunami,Pulau Sumba,Sumba Barat Daya,BMKG,waspada bencana,NTT

Wabup SBD ingatkan warga selalu waspada ancaman tsunami

Wakil Bupati Sumba Barat Daya Marthen Christian Taka. (ANTARA/HO-Stasiun Geofisika Sumba Timur)

...Masyarakat dan juga pemerintah perlu terus waspada dan meningkatkan upaya-upaya untuk mengurangi dampak yang mungkin bisa terjadi akibat tsunami
Kupang (ANTARA) - Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur Marthen Christian Taka mengingatkan warganya untuk selalu waspada terhadap ancaman bencana tsunami yang sewaktu-waktu bisa melanda wilayah setempat.

"Masyarakat dan juga pemerintah daerah perlu terus waspada dan meningkatkan upaya-upaya untuk mengurangi dampak yang mungkin bisa terjadi akibat tsunami," katanya dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu, (27/11).

Ia mengatakan bahwa masyarakat Sumba Barat Daya pernah mengalami gempa bumi dan tsunami terjadi di Pulau Sumba pada tahun 1977 silam.

Gelombang tsunami dengan ketinggian maksimum hingga 15 meter saat itu menewaskan sebanyak 316 orang.

Marthen mengatakan bencana besar ini merupakan pelajaran bagi pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan berbagai upaya meminimalkan dampak tsunami.

"Sebisa mungkin kita harus menekan dampak korban jiwa maupun kerusakan yang terjadi akibat dari gempa bumi dan tsunami," katanya.

Ia mengatakan pemerintah setempat juga melakukan upaya mitigasi bencana seperti menggandeng Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) untuk menggelar Sekolah Lapang Gempa bumi.

Kegiatan tersebut juga diikuti dengan praktik langsung di Desa Rada Mata yang merupakan desa pesisir dan memiliki pelabuhan laut, sehingga jika terjadi gempa bumi yang menimbulkan Tsunami maka kemungkinan desa ini yang terkena dampak langsung.

Selain itu dilakukan pemasangan rambu rawan tsunami serta kegiatan susur jalur berupa menyusuri rute evakuasi hingga tiba di lokasi atau titik kumpul terdekat yang aman dari Tsunami.

"Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan masyarakat Sumba Barat Daya yang siaga gempa bumi dan tsunami," katanya.

Baca juga: Bupati SBD luncurkan Komunitas Sepeda dan Motor Listrik

Baca juga: Hama belalang kumbara masih serang desa di SBD
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022