Tidak terjadi kenaikan air laut pascagempa Flores

id gempa larantuka,NTT,gempa bumi

Tidak terjadi kenaikan air laut pascagempa Flores

Camat Reok, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Paulus Ngambol (kedua dari kiri) bersama aparat TNI melakukan pemantauan kondisi air laut di Desa Selama, Selasa (14/12/2021). (ANTARA/HO- istimewa)

"Kami sudah ingatkan warga apabila terjadi gempa bumi yang diikuti dengan air laut surut secara tiba-tiba untuk segera menjauh dan memilih mengungsi ke lokasi ketinggian untuk menghindari apabila terjadi tsunami,
Kupang (ANTARA) - Camat Reok, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Paulus Ngambol, menyatakan tidak terjadi kenaikan air laut di wilayah itu sebagai dampak gempa bumi magnitudo 7,4 di Pulau Flores, Selasa siang.

"Pada saat kejadian terjadinya gempa bumi, kami langsung melakukan pemantauan ke daerah Tempode, Desa Selama, Kecamatan Reo yang berlokasi dekat pantai yang dikabarkan terjadinya air laut naik, ternyata dalam kondisi aman," kata Camat Reok Paulus Ngambol yang dihubungi ANTARA dari Kupang, Selasa (14/15).

Ia mengatakan warga Tempode yang tinggal di pantai Desa Selama tetap melaksanakan aktivitasnya seperti biasa sekalipun wilayah itu diguncang gempa bumi yang cukup kuat selama kurang lebih 10 detik.

Baca juga: Kominfo : jaringan komunikasi NTT tidak terdampak gempa
Baca juga: BNPB sebut 346 rumah rusak dan 770 warga mengungsi akibat gempa di NTT


"Selama ini memang ada gempa tetapi kekuatannya tidak seperti yang terjadi hari ini. Banyak masyarakat yang lari berhamburan keluar rumah karena guncanganya cukup keras," kata dia.

Pihaknya telah meminta para luruh dan kepala desa di Kecamatan Reok, wilayah utara Kota Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai itu untuk mengingatkan warga tetap waspada apabila terjadinya gempa bumi susulan.

"Kami sudah ingatkan warga apabila terjadi gempa bumi yang diikuti dengan air laut surut secara tiba-tiba untuk segera menjauh dan memilih mengungsi ke lokasi ketinggian untuk menghindari apabila terjadi tsunami," kata dia.

Dia menegaskan belum ada laporan dari para kepala desa maupun lurah di daerah itu tentang adanya kerusakan bangunan maupun korban jiwa akibat gempa bumi tersebut.