Arus balik di Bandara El Tari naik 41 persen

id Posko

Arus balik di Bandara El Tari naik 41 persen

Warga melintas di depan Posko Terpadu Bandara El Tari Kupang.

Posko Lebaran Bandara El Tari Kupang, Senin (18/6) pagi mencatat arus balik di Bandara El Tari Kupang mengalami peningkatan sebesar 41 persen dibandingkan dengan tahun 2017 pada H+1
Kupang (AntaraNews NTT) - Posko Lebaran Bandara El Tari Kupang, Senin (18/6) pagi mencatat arus balik di Bandara El Tari Kupang mengalami peningkatan sebesar 41 persen dibandingkan dengan tahun 2017 pada H+1

"Jumlah pemudik yang bepergian untuk merayakan hari raya Idul Fitri di kampung halamannya terpantau sudah mulai kembali, dan data pada H+1 kemarin mengalami peningkatan sebesar 41 persen," kata Kepala Humas Bandara El Tari Kupang, Kadir Usman kepada wartawan di Kupang, Senin (18/6).

Hal ini disampaikannya terkait dengan pantauan posko lebaran soal arus balik liburan Lebaran tahun 2018 bandara El Tari Kupang.

Ia mengatakan pada tahun 2017 lalu, jumlah warga yang kembali dan melintasi bandara El Tari Kupang setelah menikmati liburan lebaran, kurang lebih mencapai 2.348 orang. Sementara pada tahun 2018 ini meningkat menjadi 3.314 orang.

"Mulai terlihat terjadinya peningkatan untuk arus balik di bandara El Tari ini," tambah Kadir Usman.

Pihaknya pun memprediksi puncak arus balik di bandara El Tari Kupang sendiri akan terjadi pada H+3 Idul Fitri atau pada hari Rabu (20/6) dikarena masa cuti bersama sudah selesai.

Baca juga: Posko El Tari sesuai standar

"Kami prediksi untuk di bandara El Tari puncak arus baliknya pada Rabu nanti," tambahnya.

Untuk mengantisipasinya terjadinya lonjakan pada arus balik, nanti kini baik maskapai penerbangan Garuda dan Lion juga sudah memberikan extra flight.

Maskapai penerbangan Garuda membuka extra flight untuk Kupang-Makassar dan sebaliknya yang semula empat kali dalam sepekan, kini menjadi setiap hari.

Sementara Lion Air grup melalui anak perusahaannya, Wings Air membuka rute baru Kupang-Lombok-Kupang sejak 25 Mei 2018 lalu.

Manager Lion Air, Rynus Zeboa mengatakan, menjelang lebaran pihaknya hanya membuka rute baru Kupang-Lombok-Kupang dengan melakukan penerbangan setiap hari.

Sedangkan penerbangan regional seperti Kupang-Surabaya-Jakarta dan Denpapsar, Bali tidak ada extra flight," katanya menambahkan.

Baca juga: Jasa Raharja NTT siagakan posko kecelakaan