BMKG sebut NTT berada di puncak musim hujan dengan kelembaban tinggi

id cuaca ektrem NTT,musim hujan NTT,puncak musim hujan,waspada bencana NTT,NTT

BMKG  sebut NTT berada di puncak musim hujan dengan kelembaban tinggi

Ilustrasi - Hujan mengguyur wilayah Kota Kupang, NTT. (ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Saat ini wilayah NTT berada di periode puncak musim hujan dengan kelembapan yang cukup tinggi sehingga masyarakat harus terus waspada akan ancaman bencana hidrometeorologi
Kupang (ANTARA) - Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini berada di puncak musim hujan dengan kelembaban yang tinggi.

"Saat ini wilayah NTT berada di periode puncak musim hujan dengan kelembapan yang cukup tinggi sehingga masyarakat harus terus waspada akan ancaman bencana hidrometeorologi," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Kamis, (3/2).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini cuaca di wilayah NTT yang berlangsung selama 3-5 Februari 2022.

Agung menjelaskan pusat tekanan rendah terpantau di wilayah Australia bagian barat yang menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga mencapai lebih dari 25 knot di perairan bagian selatan NTT.

Selain itu, kata dia juga membentuk daerah pertemuan dan belokan angin di wilayah NTT.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan (konvektif) yang menyebabkan potensi hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, katanya.

Agung meminta masyarakat di NTT perlu terus meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi dampak hujan dan angin kencang yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, rob (banjir di wilayah pesisir), tanah longsor.

Ia menyarankan masyarakat yang hendak memperoleh informasi cuaca terkini dapat langsung menghubung pihaknya yang membuka pelayanan informasi selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380)881613 atau whatsapp 081139404264.

Selain itu bisa melalui website: meteoeltari.com; email: met_kupang@yahoo.com, maupun aplikasi mobile apps INFO BMKG.

Baca juga: ASDP Kupang mulai berlakukan sistem buka-tutup pelayaran

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi di empat wilayah perairan NTT