Dispar NTT harapkan infrastruktur Tuamese segera dibenahi

id Tuamese

Dispar NTT harapkan infrastruktur Tuamese segera dibenahi

Obyek wisata alam Tuamese di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur menjadi destinasi andalan yang sedang dipromosikan oleh pemerintahan setempat. (ANTARA Foto/dok)

Kadis Pariwisata NTT berharap agar infrastruktur pendukung ke destinasi wisata Tuamese di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) segera dibenahi oleh pemerintah daerah setempat.    
Kupang (AntaraNews NTT) - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu berharap agar infrastruktur pendukung ke destinasi wisata Tuamese di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) segera dibenahi oleh pemerintah daerah setempat.
   
"Wisata alam Tuamese menjadi destinasi wisata baru yang mulai marak dibicarakan, kami berharap Pemkab TTU sudah mulai bergerak untuk membenahi berbagai infrastruktur pendukung di destinasi tersebut," kata Marius Adu Jelamu kepada Antara di Kupang, Kamis (26/7).
   
Ia mengatakan, destinasi wisata Tuamese mulai populer akhir-akhir ini karena banyak pengunjung yang mempromosikannya melalui berbagai jejaring media sosial.
   
Menurutnya, suguhan pemandangan berupa perpaduan alam perbukitan, laut, dan pantai yang indah di Tuamese itu menjadi nilai jual unggulan untuk dikembangkan sebagai daerah wisata di Timor Tengah Utara  TTU yang berbatasan langsung dengan wilayah kantung (enclave) Timor Leste, Oecusse itu.
   
Untuk itu, Marius meminta agar infrastruktur pendukung utama seperti jalan raya ke destinasi wisata itu mulai dibenahi. "Kemudian kalau belum ada signal telekomunikasi maka Pemkab juga silahkan berkoordinasi dengan pihak Telkomsel untuk pembangunan tower," katanya.

Baca juga: Asita NTT jajaki penjualan paket wisata Tuamese  

Ia mengatakan, selanjutnya pemerintah daerah juga bisa mengajak investor lokal untuk mulai membangun penginapan, lopo-lopo, tempat kuliner, dan sebagainya.
   
Menurutnya, pengembangan destinasi wisata tidak perlu harus menunggu hingga mulai ramai dikunjungi. "Ibaratnya, wisatawan merupakan semut maka kita ciptakan gula sehingga dengan sendirinya mereka berdatangan," katanya.
   
Marius menambahkan, kehadiran destinasi wisata Tuamese akan menyemarakan pariwisata di Pulau Timor yang dapat dipasarkan sebagai bagian dari paket wisata overland.
   
"Pilihan berwisata di Pulau Timor akan semakin kaya. Di sisi lain pengembangan destinasi baru juga berdampak secara ekonomi bagi sektor-sektor usaha terkait lainnya," demikian Marius Jelamu.

Baca juga: ASITA bangga banyak destinasi wisata di NTT semakin populer