108 jamaah calon haji diberangkatkan dari Kupang

id Haji

108 jamaah calon haji diberangkatkan dari Kupang

Pose bersama para jamaah calon haji (JCH), Selasa, sebelum diberangkatkan dari Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto: ist.

Sebanyak 108 jamaah calon haji dari NTT diberangkatkan melalui Bandara El Tari Kupang menuju embarkasi Juanda Surabaya.
Kupang (AntaraNews NTT) - Sebanyak 108 jamaah calon haji (JCH), Selasa (7/8) diberangkatkan dari Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia menuju embarkasi Juanda, Surabaya.
   
"Tadi pagi (Selasa, 7/8) sekitar pukul 06.25 Wita ada sebanyak 108 calon jamaah haji yang diberangkatkan dari Bandara El Tari Kupang menggunakan penerbangan pagi  yang disiapkan maskapai kami," kata General Manager Garuda Indonesia Cabang Kupang Yudi M Fulkan kepada Antara di Kupang, Selasa (7/8).
   
Yudi mengatakan, maskapai Garuda Indonesia mengangkut sebagian besar JCH dari Provinsi NTT terutama yang berasal dari Kota Kupang dan Kabupaten Ende Pulau Flores.
    
Sementara sisanya diangkut maskapai penerbangan lainnya seperti Lion Air dan Nam Air.

 Baca juga: Jamaah calon haji dari NTT 670 orang  

"Jemaah calon haji yang dari Ende sudah diangkut kemarin sebanyak 69 orang," katanya.
   
Kantor Wilayah Kementerian Agama Nusa Tenggara Timur mencatat jumlah JCH dari provinsi berbasiskan kepulauan ini untuk musim haji 2018 mencapai sebanyak 614 orang.
   
Sebelumnya tercatat sebanyak 670 orang, namun 29 orang di antaranya melakukan mutasi embarkasi sehingga berkurang menjadi 641 orang.
   
"Segala persiapan terkait pelaksanaan ibadah haji tahun 1439 H/2018 M untuk tingkat Provinsi NTT sudah pada tahap final," kata Kepala Seksi Pengelolaan Keuangan Haji dan Sistem Informasi Haji, Kantor Wilayah Kementerian Agama NTT Arsyad Karabi secara terpisah kepada Antara di Kupang.
   
Pihaknya juga membangun posko haji di Bandara El Tari Kupang untuk memfasilitasi para JCH dari daerah-daerah di NTT yang akan melajutkan perjalanan ke Surabaya.
   
Arsyad berharap agar para JCH mempersiapkan diri, terutama kesehatan sekaligus memohon doa restu dari masyarakat NTT agar pelaksanaan haji berlangsung baik, aman, dan lancar.

Baca juga: Wali Kota Kupang lepas 224 jemaah calon haji ke Mekkah