Gubernur NTT apresiasi mesin pengolah kelapa-jagung milik warga Sikka

id Produk lokal ntt, inovasi mesin pertanian, inovasi warga ntt, cintai produn lokal, Gubernur ntt, ntt

Gubernur NTT  apresiasi mesin pengolah kelapa-jagung milik warga Sikka

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan sambutan saat menghadiri misa Perayaan Jumat Agung di Gereja Paroki St. Paulus, Jerebuu, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Jumat (15/4/2022). (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Provinsi NTT)

...Di Maumere (ibu kota Kabupaten Sikka), saya melihat sendiri kemampuan masyarakat yang luar biasa membuat mesin parut kelapa dan mesin cacah batang jagung
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengapresiasi warga di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, yang mampu memproduksi mesin pengolah komoditi kelapa dan jagung di daerah itu.

"Di Maumere (ibu kota Kabupaten Sikka), saya melihat sendiri kemampuan masyarakat yang luar biasa membuat mesin parut kelapa dan mesin cacah batang jagung," kata Viktor dalam pernyataan di Kupang, Sabtu, (16/4).

Gubernur telah melihat langsung produksi mesin parut kelapa dan pencacah batang jagung saat berkunjung ke Sikka dalam rangkaian kunjungan kerja di Pulau Flores dan Lembata.

Ia mengatakan inovasi warga seperti sangat patut dicontoh sebagai upaya mendukung peningkatan produktivitas pangan daerah NTT untuk kesejahteraan masyarakat sendiri.

Di sisi lain, produksi mesin ini juga merupakan bagian dari produk lokal yang dapat dimanfaatkan masyarakat lokal sendiri dalam mendukung kegiatan pertanian.

"Kita harus mencintai produk lokal seperti ini dengan cara menggunakannya agar perekonomian daerah dapat bertumbuh dengan mudah," katanya.

Munculnya inovasi seperti ini, menurut dia, juga merupakan bagian dari harapan yang sejalan dengan Program Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) yang dijalankan pemerintah provinsi setempat.

Viktor mengatakan akan terus berupaya agar industri masyarakat terus tumbuh meskipun masih dalam skala kecil namun berpotensi untuk bisa berkembang lebih besar ke depan.

Baca juga: Gubernur Laiskodat ajak warga cintai produk lokal

Selain mesin pengolah komoditi pertanian tersebut, kata dia, masyarakat NTT bisa membuat sampo dan sabun dengan berbagai rasa seperti, aroma kopi, aroma coklat.

Baca juga: Gubernur Laiskodat minta operasi pasar digelar secara rutin

"Kita harus dukung agar meskipun tidak sempurna, nantinya dari yang tidak sempurna ini lama-kelamaan akan menjadi sempurna. Kita harus lakukan ini agar uang kita jangan sampai lagi keluar ke luar daerah," kata Viktor.