Kasad gunakan bahasa Tetun saat berdialog dengan warga NTT

id Kasad, TNI,Dudung AR,kasad kupang

Kasad gunakan bahasa Tetun saat berdialog dengan warga NTT

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyapa para veteran perang dengan bahasa Tetun di Kabupaten Kupang, NTT. ANTARA/HO

Kasad Dudung dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja di sejumlah lokasi di NTT, dan meresmikan Batalion Armed dan juga Yon Arhanud di Kabupaten Kupang...
Kupang (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menggunakan bahasa Tetun, bahasa daerah Timor Timur saat berdialog dengan warga ex Timor Timur yang kini berada di Kabupaten Kupang.

"Namamu siapa, tinggal di mana, pangkatmu apa?," kata Kasad saat bertemu dengan sejumlah veteran perang di Kabupaten Kupang, Rabu, (18/5/2022).

Kasad Dudung terlihat sangat fasih berbahasa Tetun, yang sering digunakan oleh masyarakat saat Timor Timur masih bergabung dengan Indonesia.

Ada kurang lebih 10 veteran perang disapanya menggunakan bahasa Tetun, sehingga membuat Gubernur NTT Viktor B Laiskodat yang mendampinginya kaget.

Akhirnya Dudung mengaku bahwa dirinya pernah bertugas di Batalion 744 saat Timor Timur masih menjadi bagian dari Indonesia.

Baca juga: Kasad beri penghargaan pada tim penangkap pembunuh Babinsa

Beberapa veteran perang dan beberapa warga juga mengaku mengenali sosok Kasad Dudung yang terkenal dengan kebaikannya ketika masih menjadi prajurit TNI berpangkat rendah di Batalion 744.

Baca juga: Kasad biayai sekolah dua putra Babinsa tertembak di Papua

Kasad Dudung tiba Rabu siang di Bandara El Tari Kupang. Saat tiba, Kasad Dudung dijemput langsung oleh Gubernur NTT Viktor B Laiskodat di ruangan VVIP.

Kasad Dudung dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja di sejumlah lokasi di NTT, dan meresmikan Batalion Armed dan juga Yon Arhanud di Kabupaten Kupang pada Kamis (19/5) besok.