BMKG imbau warga Manggarai Barat waspadai potensi angin kencang

id Bmkg, cuaca, angin kencang, kebakaran hutan, labuan bajo, manggarai barat, NTT

BMKG imbau warga Manggarai Barat waspadai potensi angin kencang

Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Sti Nenotek (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Sehingga walaupun sudah masuk awal musim kemarau tetapi masih disertai hujan dengan intensitas ringan...
Maumere, NTT (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Komodo mengimbau warga Manggarai Barat, NTT untuk mewaspadai angin kencang yang akan terjadi selama sepekan ke depan.

"Waspadai angin kencang karena saat ini sudah memasuki monsoon timur atau musim timur," kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Sti Nenotek ketika dihubungi dari Maumere, Minggu, (12/6/2022).

Imbauan itu dikeluarkan BMKG untuk diwaspadai warga hingga 16 Juni 2022. Adanya potensi angin kencang itu dapat mengakibatkan kebakaran hutan yang juga terjadi di wilayah tersebut.

Untuk menghindari kebakaran hutan yang meluas ke area lain, masyarakat tidak boleh membakar lahan jika ingin membersihkan lahan pertanian.

Sedangkan potensi kebakaran di wilayah Manggarai Barat itu terjadi di daerah dataran rendah seperti wilayah Kecamatan Komodo.

Dia menjelaskan saat ini Manggarai Barat telah memasuki awal musim kemarau. Namun, kondisi itu belum terlalu berpengaruh karena ada Fenomena La Nina yang masih aktif.

"Sehingga walaupun sudah masuk awal musim kemarau tetapi masih disertai hujan dengan intensitas ringan," ungkap Sti.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang 6 meter

Berdasarkan prospek cuaca BMKG, potensi hujan ringan hingga sedang terjadi pada 12 kecamatan di wilayah Manggarai Barat.

Baca juga: BMKG sarankan petani NTT tanam sesuai kondisi kemarau basah

Adapun informasi terkait prospek cuaca ini telah dikoordinasikan dengan pemerintah melalui BPBD Manggarai Barat. Nantinya BPBD akan meneruskan informasi tersebut kepada masyarakat.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022