Pemkab Kupang desain penataan kawasan pemukiman kumuh

id NTT,rumah kumuh,Kabupaten kupang

Pemkab Kupang desain penataan kawasan pemukiman kumuh

Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar seminar pendahuluan penyusunan RP2KPKPK (Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh) tahun 2022 di Oelamasi, Selasa (14/6/2022) (ANTARA/HO- Prokompim Setda Kabupaten Kupang)

Penetapan lokasi perumahan kumuh dan permukiman kumuh di Kabupaten Kupang meliputi Tarus, Sulamu, Oesao, Buraen, Teunbaun, Tablolong dan Manikin...
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai mendesain rencana penataan dan pencegahan permukiman kumuh guna mewujudkan kawasan permukiman yang layak huni di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste itu.

"Penyusunan rencana pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan permukiman kumuh penting dilaksanakan, sebagai pendahuluan sekaligus pedoman dalam melaksanakan tahap-tahap penyusunan selanjutnya, sebelum ditetapkan dalam peraturan Kepala Daerah," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Kupang, Mesak Soleman Elfeto di Kupang, Selasa, (14/6/2022).

Soleman Elfeto mengatakan hal itu saat membuka kegiatan seminar pendahuluan penyusunan RP2KPKPK (Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh) tahun 2022.

Ia mengatakan seminar yang dilakukan ini menjadi langkah awal yang baik untuk saling bersinergi melakukan langkah percepatan yang tepat dan konkret dalam penanganan perumahan dan permukiman kumuh di Kabupaten Kupang.

"Sinergitas seluruh pihak dalam menyelenggarakan pemerintahan yang berpihak pada kepentingan masyarakat, terkait kebutuhan masyarakat Kabupaten Kupang akan perumahan dan permukiman yang layak, dapat kita penuhi tidak saja dari sisi kuantitas tetapi sisi kualitas yang lebih baik," kata Soleman Elfeto.

Sementara itu pejabat pembuat komitmen (PPK) pada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Kupang, Dance Hunia Hauteas menjelaskan seminar yang dilakukan bertujuan untuk memantapkan pemahaman tentang kebijakan dan strategi penanganan kawasan kumuh dalam mencapai target pemenuhan akses 90 persen air minum layak, 80 persen sanitasi dan persampahan layak, serta penanganan 10.000 hektare permukiman kumuh di Tahun 2024.

Ia mengatakan penetapan lokasi perumahan kumuh dan permukiman kumuh di Kabupaten Kupang berdasarkan keputusan Bupati Kupang Nomor: 250/KEP/HK/2021 meliputi Tarus, Sulamu, Oesao, Buraen, Teunbaun, Tablolong dan Manikin.

Baca juga: Polres Kupang tahan dua ibu RT dalam kasus pengeroyokan guru

Baca juga: 224 CPNS di Kabupaten Kupang terima SK pengangkatan PNS


"Setelah seminar pendahuluan ini, tiga bulan kemudian akan dilanjutkan dengan seminar antara dan seminar akhir," ujar Dance Hauteas.