Migrasi TV digital di Kota Kupang dimulai November 2022

id NTT,TV digital,ASO 2022

Migrasi TV digital di Kota Kupang dimulai November 2022

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Andre Otta (Antara/HO-Dinas Kominfo Kota Kupang)

...Kota Kupang masuk dalam ASO tahap I mulai berlaku pada November 2022 sehingga sosialisasi tentang program migrasi siaran dari analog ke TV digital terus dilakukan
Kupang (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika mengatakan wilayah Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur mulai menghentikan siaran TV Analog atau Analog Switch Off (ASO) dalam migrasi TV digital pada November 2022.

"Kota Kupang masuk dalam ASO tahap I mulai berlaku pada November 2022 sehingga sosialisasi tentang program migrasi siaran dari analog ke TV digital terus dilakukan Pemerintah Kota Kupang, " kata kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kupang, Andre Otta di Kupang, Rabu, (22/06/2022).

Ia menjelaskan warga Kota Kupang yang berhak mendapatkan fasilitas Set Top Box untuk pelaksanaan analog switch off (ASO) mencapai 10.539 kepala keluarga tersebar di enam kecamatan.

"Data 10.539 kepala keluarga penerima program keluarga harapan (PKH) di kota Kupang yang menjadi penerima bantuan Set Top Box ini sudah sesuai dengan nama dan alamat penerima bantuan yang diterima dari Kementerian Sosial," tegasnya.

Dia menjelaskan, Dinas Kominfo Kota Kupang mendistribusikan semua Set Top Box kepada warga penerima sesuai data Kementerian Sosial. "Termasuk yang belum memiliki TV juga berhak untuk menerima bantuan STB dari Kemenkominfo. Nama-nama penerima bantuan STB akan didistribusikan ke 51 kelurahan di Kota Kupang sehingga warga mengetahui kalau yang bersangkutan bagian dari penerima STB dari Kementerian Kemenkominfo," kata Andre Otta.

Menurut dia, Pemerintah Kota Kupang menargetkan pada Juli 2022 proses distribusi STB kepada para penerima sudah mulai dilakukan di Kota Kupang.

Baca juga: Ribuan rumah tangga miskin di Kota Kupang terima bantuan migrasi TV digital

Andre Otta menjelaskan, Dinas Kominfo Kota Kupang telah melakukan validasi data penerima dan segera memasuki tahap sosialisasi dan simulasi penggunaan STB bagi warga di ibu kota Provinsi NTT itu.

Baca juga: KPID NTT dorong Kominfo intensifkan sosialisasi migrasi TV digital

"Dinas Kominfo Kota Kupang menyiapkan satu unit TV tabung sebagai media untuk mengedukasi warga tentang bagaimana mengoperasionalkan TV digital tersebut, sehingga saat migrasi ke TV Digital pada November 2022 sudah tidak mengalami kendala," kata Andre Otta.