Polres Kupang perketat penjagaan di Pelabuhan Bolok cegah PMK

id NTT,PMK,Kepolisian

Polres Kupang perketat penjagaan di Pelabuhan Bolok cegah PMK

Kapolres Kupang, Polda Nusa Tenggara Timur, , AKBP FX Irwan Arianto (ANTARA/Benny Jahang)

..Aparat Kepolisian terus memantau arus transportasi yang ada di lokasi penyeberangan laut Bolok guna mendeteksi masuknya ternak dari luar daerah
Kupang (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kupang, Nusa Tenggara Timur, memperketat penjagaan di Pelabuhan Bolok untuk mencegah ternak terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK) masuk ke wilayah Kabupaten Kupang

"Aparat Kepolisian terus memantau arus transportasi yang ada di lokasi penyeberangan laut Bolok guna mendeteksi masuknya ternak dari luar daerah," kata Kapolres Kupang AKBP FX Irwan Arianto di Kupang, Senin, (18/7/2022).

Ia mengatakan Kepolisian Resor Kupang melalui Pos Polisi Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Laut Bolok terus memantau arus transportasi hewan ternak yang masuk maupun keluar Kabupaten Kupang dan kabupaten/kota lainnya yang berada di daratan Pulau Timor.

Pemantauan yang dilakukan, menurut dia, dilakukan guna mencegah penyebaran PMK yang saat ini sudah marak di berbagai daerah di Indonesia.

Dia menegaskan anggota kepolisian di Pos Polisi KP3 Laut Bolok melakukan pemantauan terhadap setiap barang bawaan penumpang serta ternak milik penumpang yang masuk melalui Pelabuhan Penyeberangan Feri Bolok di Kecamatan Kupang Barat,

”Saya selalu menegaskan bahwa seluruh personel Polres Kupang senantiasa siap diri mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat merugikan masyarakat, termasuk bahaya PMK pada hewan ternak. Untuk itu Pos Polisi KP3 Laut Bolok sebagai gerbang masuknya Pulau Timor perlu mengantisipasi adanya ternak bawaan penumpang,“ terang Kapolres.

Baca juga: Sumba Timur perketat pintu masuk pelabuhan cegah penularan PMK

Pencegahan masuknya ternak dari luar, kata dia, penting dilakukan mengingat Kabupaten Kupang merupakan daerah lumbung ternak di Pulau Timor.

"Apabila ternak dari luar masuk ke Kabupaten Kupang tentu menjadi ancaman ternak-ternak di Kabupaten Kupang apabila terpapar PMK sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan pada pintu-pintu masuk daerah ini," tegasnya.

Baca juga: NTT masih aman dari penyebaran kasus PMK

Polres Kupang telah bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kupang untuk melakukan upaya-upaya pencegahan penularan PMK pada ternak milik warga di Kabupaten Kupang.