Satgas: HUT ke-77 RI momentum perkuat prokes untuk melindungi sesama

id HUT RI,HUT-77,Hari Kemerdekaan Indonesia,COVID-19

Satgas: HUT ke-77 RI momentum perkuat prokes untuk melindungi sesama

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 Sonny Harry B. Harmadi dalam Talkshow Sambut Kemerdekaan, Prokes Jangan Kendor yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (15/8/2022). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

...Momentum kemerdekaan ini menjadi momentum kita untuk bersama-sama melakukan komitmen menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai terjadi lonjakan kasus lagi

Jakarta (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menekankan bahwa Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 merupakan momentum bagi semua pihak untuk memperkuat protokol kesehatan (prokes) dalam rangka melindungi sesama dari penularan virus.

“Momentum kemerdekaan ini menjadi momentum kita untuk bersama-sama melakukan komitmen menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai terjadi lonjakan kasus lagi,” kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas COVID-19 Sonny Harry B. Harmadi dalam Talkshow Sambut Kemerdekaan, Prokes Jangan Kendor yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin, (15/8/2022).

Hari Kemerdekaan RI ke-77 menurut Sonny seharusnya menjadi saat memperkuat penerapan protokol kesehatan terutamanya dalam menggunakan masker dan mengikuti vaksinasi COVID-19, agar negara dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Peringatan hari kemerdekaan tahun 2022 berbeda karena dapat kembali dirayakan bersama-sama, semenjak tahun 2020 negara harus bungkam dan tidak dapat merayakannya akibat terdapat sejumlah penerapan pembatasan seperti menjaga jarak dan menjauhi kerumunan.

Namun pada tahun ini, kemerdekaan dapat dirayakan di tengah masih terjadi tren kenaikan kasus COVID-19. Kasus aktif di Indonesia misalnya, total kasus sudah mencapai sekitar di atas 53.000 dan positivity rate yang menyentuh 11,4 persen hingga kemarin berdasarkan data yang dirinya miliki.

“Per kemarin itu positivity rate di angka 11,4 persen. Seven-day moving average, jadi dalam rata-rata tujuh hari, positivity rate kita di 11,4. Itu angka yang cukup tinggi karena di luar batas aman yang ditetapkan oleh WHO, di atas 5 persen,” ucap dia.

Baca juga: Semangat gotong royong jadi kekuatan atasi kemiskinan di NTT
Baca juga: Gubernur Syamsur gencarkan distribusi 10 juta bendera Merah Putih




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Satgas: HUT ke-77 RI momentum perkuat prokes lindungi sesama