Angkasa Pura Logistic tingkatkan kualitas SDM layanan kargo

id Angkasa pura logistic, aplog, pelayanan kargo, kupang, bandara el tari kupang, ntt

Angkasa Pura Logistic tingkatkan kualitas SDM  layanan kargo

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT Isyak Nuka menyerahkan Sertifikat Kelulusan Training Dangerous Good Awareness dan Safety Management System kepada staf operasional APLog di Kantor Operasional APLog Bandara El Tari Kupang, NTT, Senin (12/9/2022). (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Terminal kargo tidak bergerak sendiri, tapi ada hubungannya dengan Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU), ground handling, dan prosesnya banyak...
Kupang (ANTARA) - Angkasa Pura Logistic (APLog) Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guna mendukung keselamatan dalam pelayanan pengangkutan kargo.

"Terminal kargo tidak bergerak sendiri, tapi ada hubungannya dengan Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU), ground handling, dan prosesnya banyak," kata Branch Manager Angkasa Pura Logistic Bandara El Tari Kupang Ferdi Masyaril di Kupang, Senin, (12/9/2022).

Hal itu dia sampaikan dalam kegiatan Penyerahan Sertifikat Kelulusan Training Dangerous Good Awareness dan Safety Management System kepada 13 staf operasional APLog di Kantor Operasional APLog Bandara El Tari Kupang.

Dia mengatakan potensi pengangkutan kargo di Kota Kupang makin hari makin bagus. Hal itu dilihat dari rata-rata layanan kargo dari Bandara El Tari Kupang yang mencapai 33-45 ton per hari.

Dengan adanya potensi itu, tentu pelayanan kargo tidak boleh sembarangan. Dengan pengetahuan yang diperoleh SDM dalam pelatihan itu, maka semua barang dari EMPU yang diterima di kargo sudah disortir sesuai klasifikasi, baik barang berbahaya maupun bukan.

Selanjutnya, tim dari ground handling atau tata operasi darat yang akan membawa barang yang telah disortir itu dari terminal kargo ke pesawat.

Dengan berbagai pengetahuan terkait Dangerous Good Awareness dan Safety Management System, dia berharap APLog dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan tentu saja dengan mengutamakan keselamatan dan keamanan kargo.

Kepala Dinas Perhubungan NTT Isyak Nuka menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Pemerintah Provinsi NTT beri apresiasi karena 'training' (pelatihan) ini memberikan peningkatan kualitas SDM terutama kargo, bagaimana keselamatan itu menjadi nomor satu," katanya.

Menurutnya, pelayanan kargo tidak semata-mata pada bungkusan yang tampak bagus, melainkan keamanan barang tersebut untuk keselamatan pesawat dan para penumpang di dalamnya.

Pemerintah Provinsi NTT siap bersinergi dengan pengelola Bandara El Tari Kupang untuk mendukung kegiatan serupa dan melakukan hal yang sama.

Dia mengajak para pemangku kepentingan terkait bersama-sama berbagi pengetahuan tentang keselamatan dan keamanan kargo sehingga banyak orang bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat tersebut.

Baca juga: Angkasa Pura optimalisasi layanan kargo dukung ekonomi NTT

"Kita wajib beri keyakinan dan kepercayaan kepada pelanggan bahwa pesawat aman. Kita harus memberi pelayanan yang terbaik, terutama soal ketepatan waktu sebagaimana yang sudah dijanjikan dengan pelanggan. Kepuasan pelanggan itu nomor satu dan ini jadi modal dasar," kata Isyak.

Baca juga: Bandara El Tari catat pergerakan penumpang triwulan I-2022 alami peningkatan