Pemda Sabu Raijua-ASDP Kupang kerja sama operasional kapal bus air roro

id ASDP, NTT,Kota Kupang,Sabu Raijua

Pemda Sabu Raijua-ASDP Kupang kerja sama operasional kapal bus air roro

Bupati Sabu Raijua Nikodemus N Rihi Heke (kedua kiri) bersama Senior General Manager Regional III Eddy Hermawan berpose bersama usai penandatangan MoU. ANTARA/Ho-ASDP.

Kami menyambut baik rencana kerja sama operasional bus air ro-ro ini, di mana tugas ASDP sebagai wakil Pemerintah di daerah untuk menghadirkan akses transportasi publik antarpulau ..
Kupang (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur,  menjalin kerja sama untuk mengoperasikan kapal bus air ro-ro sebagai moda transportasi publik antarpulau guna mendukung konektivitas dan perekonomian wilayah itu.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat malam, mengatakan pihaknya sudah menandatangani MoU pada Jumat (14/10) siang.

"Kami menyambut baik rencana kerja sama operasional bus air ro-ro ini, di mana tugas ASDP sebagai wakil Pemerintah di daerah untuk menghadirkan akses transportasi publik antarpulau yang bersebelahan, dan menyatukan pulau-pulau besar, sekaligus akses transportasi publik ke wilayah yang belum memiliki akses penyeberangan guna mengakselerasi pembangunan," katanya.

ASDP, lanjut Shelvy, berkomitmen melalui layanan penyeberangan perintis yang dikelola dapat mendukung distribusi penumpang dan barang dari dan ke wilayah Kabupaten Sabu Raijua guna memenuhi tingkat mobilisasi wilayah dengan sarana bus air ro-ro yang memadai.

Dia berharap bus air r0o-ro yang akan dioperasikan nanti, sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan, dapat menambah frekuensi atas akses penyeberangan di wilayah Kabupaten Sabu Raijua.

"Selain itu dapat memudahkan mobilisasi masyarakat dan juga pendistribusian logistik dengan lebih cepat, aman, nyaman dan selamat," tutur Shelvy.

Dihubungi dari Kupang, Bupati Sabu Raijua Nikodemus N Rihi Heke menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada ASDP yang sangat responsif dalam rencana kerja sama pengoperasian 1 unit kapal bus air ro-ro secara perintis dan pengembangan sarana angkutan penyeberangan laut di wilayah Kabupaten Sabu Raijua.

"Terima kasih atas semangat dan dukungan ASDP untuk hadir dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sabu. Tentunya kerja sama operasional ini tidak hanya mendukung konektivitas masyarakat tetapi juga akses distribusi logistik dan perekonomian wilayah," ujarnya.

Menurut dia, saat ini konektivitas merupakan hal yang sangat penting, terlebih lagi dalam meningkatkan perekonomian di suatu daerah.

Peran ASDP dipandang strategis dalam membuka jejaring sosial ekonomi masyarakat melalui layanan akses transportasi yang cepat, aman dan nyaman melalui layanan kapal-kapal perintis penyeberangan. Dengan demikian kesejahteraan hidup dan perekonomian masyarakat dapat meningkat.

Baca juga: ASDP targetkan semua pelabuhan tersertifikasi SMK3 dalam tiga tahun

Baca juga: ASDP Kupang belum naikkan harga tiket penyeberangan