Binusindo Energi Indonesia Berencana Kelolah Gas Alam

id gas alam

Binusindo Energi Indonesia Berencana Kelolah Gas Alam

Dirut PT Binusindo Energi Indonesia Fabianus Bessie Banase (kedua dari kanan) bersama Gubernur NTT Frans Lebu Raya (kedua dari kiri) saat peletakan batu pertama dimulainya pembangunan terminal penyimpanan minyak dan gas (Oil Storage Terminal) di Kupa

"Pengolahan dan pendistribusian gas alam atau gas bumi ini melalui teknologi Compressed Natural Gas (CNG) dan Liquid Natural Gas (LNG)," kata Fabianus Bessie Banase.
Kupang (Antara NTT) - PT Binusindo Energi Indonesia, sebuah perusahaan enegi pertama di Nusa Tenggara Timur yang membangun terminal penampungan minyak (Oil Storage Terminal) di kawasan Industri Bolok, Kabupaten Kupang, berencana mengelolah dan mendistribusikan gas alam.

"Pengolahan dan pendistribusian gas alam atau gas bumi ini melalui teknologi Compressed Natural Gas (CNG) dan Liquid Natural Gas (LNG)," kata Direktur Utama PT Binusindo Energi Indonesia Fabianus Bessie Banase di Kupang, Senin.

Dia mengemukakan hal itu, pada acara peletakan batu pertama dimulainya pembangunan terminal penyimpanan minyak dan gas (Oil Storage Terminal) di kawasan Industri Bolok, Kabupaten Kupang oleh PT Binusindo Energi Indonesia.

Menurut dia, CNG dan LNG dapat dipergunakan sebagai bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak untuk industri kecil menengah dan industri besar yang dapat dikonversikan dari BBM ke BBG bahan bakar gas alam melalui teknologi kompresi dan teknologi regasifikasi LNG.

Selain itu, akan ada pengolahan energi terbarukan yaitu pengelolaan limbah untuk menampung limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dari seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Limbah B3 ini baik dari darat maupun laut, akan ditampung melalui kapal-kapal, untuk dimanfaatkan kembali yang masih bisa bisa diolah menjadi Base Oil atau Solar (Mini Refinery)," katanya menjelaskan.

Mengenai pasar, dia mengatakan, sebagian besar di kawasan Indonesia bagian Timur, serta memungkinkan melebar ke negara tetangga Timor Leste dan juga Australia.

PT. Binusindo Energi Indonesia, merupakan perusahan pertama di Nusa Tenggara Timur, bahkan Indonesia bagian Timur, yang bergerak di bidang energi.

Perusahaan ini akan membangun di kawasan Industri Bolok, Kupang-NTT atau 20 km arah barat Kota Kupang, dengan luas areal mencapai 20 hektare lebih.

"Pembangunan industri di bidang energi ini, sejalan dengan kebutuhan akan energi secara nasional yang terus meningkat dari tahun ke tahunnya," demikian Fabianus Bessie Banase.