Kapolda NTT ajak Pemkab Sikka bantu menjaga kamtibmas

id Kapolda NTT,NTT,Pemkab Sikka,Kota Kupang,Johanis Asadoma

Kapolda NTT ajak Pemkab Sikka bantu menjaga kamtibmas

Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma (kanan) berbincang bincang dengan Bupati Sikka Fransiskus R. Diogo Idong, di Maumere,Rabu (16/11). ANTARA/Ho-Humas Polda NTT

...Saya mengajak pemerintah daerah untuk saling membantu menjaga kamtibmas agar dapat maksimal dalam melakukan pembangunan di daerah
Kupang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Pol Johanis Asadoma mengajak pemerintah daerah Kabupaten Sikka untuk selalu bekerja sama dalam memelihara situasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif di daerah tersebut.

"Saya mengajak pemerintah daerah untuk saling membantu menjaga kamtibmas agar dapat maksimal dalam melakukan pembangunan di daerah,” katanya saat bertemu dengan Bupati Sikka Fransiskus R. Diogo Idong, di Maumere, Rabu, (16/11/2022).

Pria yang biasa disapa Johni itu mengharapkan bantuan untuk menjaga situasi kamtibmas itu dilakukan dengan terus menjalin kerja sama anggota Polres Sikka dalam hal memberikan dukungan-dukungan yang diperlukan.

Komandan berbintang dua itu menjelaskan bahwa tugas pokok Polri diatur dalam UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 14.

Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13, Kepolisian Negara Republik Indonesia bertugas untuk melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli terhadap kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan.

Kemudian menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan.

Selanjutnya, membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.

“Turut serta dalam pembinaan hukum nasional serta memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum,” tegas dia.

Dalam pertemuan itu juga dia menjelaskan kepada bupati Idong soal metode penegakan hukum yang diterapkan selama masa kepemimpinannya.

"Saya ingin membangun kerja sama dengan semua stakeholder dan menerapkan metode Restorative Justice dalam penegakan hukum,” jelasnya.

Lebih lanjut Bupati Sikka Robby Idong mengaku selama ini pihaknya sudah menjalin kerja sama yang baik dengan aparat kepolisian di Polres Sikka.

“Sebagai pemda kita akan selalu mendukung upaya menjaga keamanan dan ketertiban di daerah ini,” ujar dia.

Bupati Sikka berharap agar aparat kepolisian memberantas berbagai kasus-kasus kriminalitas yang ada di daerah itu, seperti pencurian dan lain sebagainya yang mengganggu kenyamanan setiap orang.


Baca juga: Kapolda NTT minta anggotanya tak sembarangan gunakan senjata api

Baca juga: Kapolda Johanis Asadoma ajak pemuda NTT hormati perjuangan para pahlawan