Nagekeo perkuat ekowisata daerah lewat pelestarian mangrove

id nagekeo,ekowisata,pelestarian lingkungan,mangrove,ntt

Nagekeo perkuat ekowisata daerah lewat pelestarian mangrove

Bupati Nagekeo Johannes Don Bosco Do (baju biru) ikut menanam mangrove di wilayah Maropokot, Mbay, Nagekeo, NTT, Rabu (7/12/2022). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

Kami telah melakukan penanaman mangrove di Marokopot sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan yang menjadi daya tarik wisata pesisir di Nagekeo...
Labuan Bajo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur terus memperkuat ekowisata daerah lewat pelestarian mangrove di wilayah Maropokot, Mbay.

"Kami telah melakukan penanaman mangrove di Marokopot sebagai bentuk upaya pelestarian lingkungan yang menjadi daya tarik wisata pesisir di Nagekeo," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Silvester Teda Sada ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Kamis, (8/12/2022).

Dia menjelaskan hutan mangrove di pesisir utara Nagekeo tidak hanya berfungsi untuk mencegah abrasi garis pantai, tetapi dapat menjadi potensi wisata untuk menarik pengunjung.

Penanaman mangrove telah dilakukan  hari Rabu (7/12) bersama para pemandu ekowisata yang telah dilatih oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nagekeo.

"Pariwisata di utara sangat mengandalkan vegetasi pantai. Jadi kami memiliki tanggung jawab untuk melestarikan keseimbangan lingkungan," ucapnya.

Bupati Nagekeo Johannes Don Bosco Do yang juga ikut menanam mengatakan wilayah itu memang direncanakan sebagai ekosistem wisata mangrove.

Objek wisata Mangrove Marapokot sendiri merupakan satu kesatuan potensi wisata Ring of Kinde di sepanjang pesisir pantai utara hingga wilayah perbatasan Kabupaten Ngada.

Bupati pun berharap masyarakat aktif menanam, merawat, dan melestarikan kawasan wisata hutan mangrove yang menjadi potensi pariwisata masa depan Nagekeo.

"Tapi lebih dari itu kita harus menjaga lingkungan dari ancaman bencana," ucapnya.

Selain objek wisata Mangrove Marapokot, Pemkab Nagekeo akan menanam Pohon Tabebuya di kawasan wisata pantai Kota Jogo, Jumat besok. Penanaman pohon tersebut merupakan bentuk kerja sama pemerintah dengan para mitra untuk menyelamatkan pantai.

Baca juga: Nagekeo pasang gorong-gorong sebagai langkah mitigasi bencana

Baca juga: BUMDes di Nagekeo benahi kinerja perekonomian desa via usaha mebel