Bupati Mabar imbau warga waspada cuaca buruk saat Natal

id hari natal, antisipasi cuaca, labuan bajo, manggarai barat, ntr, curah hujan,Bmkg

Bupati Mabar imbau warga waspada cuaca buruk saat Natal

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

Kami imbau warga untuk berhati-hati saat beraktivitas selama libur Natal ini karena ada potensi curah hujan sedang hingga lebat di Manggarai Barat...
Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengimbau warga untuk mewaspadai curah hujan sedang-lebat selama momen Natal 2022 sebagaimana prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

"Kami imbau warga untuk berhati-hati saat beraktivitas selama libur Natal ini karena ada potensi curah hujan sedang hingga lebat di Manggarai Barat," kata Bupati Edistasius di Labuan Bajo, Sabtu, (24/12/2022).

Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo telah memprakirakan hujan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Manggarai Barat selama periode Natal 2022. Kondisi cuaca ini tentunya akan memberi dampak pada potensi banjir dan tanah longsor pada daerah yang rawan bencana.

Untuk itu, Bupati menegaskan agar warga berwaspada akan potensi dampak hujan seperti banjir, banjir bandang, banjir rob, tanah longsor, pohon tumbang, jalanan licin, dan sambaran petir.

Bupati meminta para camat, lurah, dan kepala desa untuk tetap memantau perkembangan di wilayah masing-masing dan melaporkan kondisi terkini, khususnya pada wilayah dataran tinggi atau lereng/tebing.

"Warga yang tinggal di daerah dataran tinggi dengan kontur tanah curam atau tebing harus waspada akan potensi longsor dan banjir jika hujan berdurasi panjang dan jarak pandang mulai berkurang," kata bupati mengingatkan.

Dia berharap momen Natal tetap bisa dimaknai dengan sungguh-sungguh oleh warga yang merayakan Natal meski berada di tengah musim hujan yang mengganggu aktivitas ibadah dan silaturahmi.

Bupati menyarankan agar warga selalu berhati-hati saat berlibur. Untuk memperlancar liburan bersama keluarga baik di darat maupun laut, bupati meminta agar warga dapat mengakses informasi cuaca hanya dari BMKG.

Kepala Stasiun Meteorologi Komodo Labuan Bajo Sti Nenotek membenarkan informasi cuaca curah hujan sedang hingga lebat yang mengguyur kabupaten ini selama periode Natal dan Tahun Baru.

Sti menyarankan warga berhati-hati dan tetap waspada dengan kondisi cuaca ini.

Baca juga: Bupati apresiasi Kemenkes dukung sektor kesehatan Mabar

Baca juga: Mabar buka akses pasar UMKM lewat Expo Ekonomi Kreatif