Sandiaga bilang tiga hal pengaruhii harga tiket penerbangan

id Sandiaga Uno, harga tiket pesawat

Sandiaga bilang tiga hal pengaruhii harga tiket penerbangan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Istaa Kepresidenan Jakarta, Senin (30/1/2023). ANTARA/Desca Lidya Natalia

...Untuk harga tiket penerbangan ini ditentukan oleh tiga (hal). Pertama adalah load factor (faktor muat penumpang)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan harga tiket penerbangan dipengaruhi oleh tiga hal, yakni faktor muat penumpang atau load factor, ketersediaan pesawat, hingga harga avtur.

“Untuk harga tiket penerbangan ini ditentukan oleh tiga (hal). Pertama adalah load factor (faktor muat penumpang),” kata Sandi usai mengikuti Rapat Terbatas terkait aktivitas ekonomi dan pariwisata dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Senin, (30/1/2023).Dia mengatakan untuk memaksimalkan faktor muat penumpang, terdapat beberapa destinasi yang perlu dioptimalkan melalui koordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah.

Hal kedua yang mempengaruhi harga tiket pesawat yaitu ketersediaan pesawat. Menurut Sandi, pemerintah akan terus menambah jumlah pesawat yang akan beroperasi.

“Tadi Menteri BUMN menyampaikan bahwa akan meningkatkan fokus kepada domestik agar penerbangan domestik ini harganya bisa lebih terjangkau,” jelasnya.

Sedangkan faktor ketiga yakni harga bahan bakar pesawat, menurut Sandiaga, sebagaimana telah disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, pemerintah akan berupaya membuat harga avtur lebih berdaya saing.

“Ada langkah-langkah pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dan juga harga dari avtur untuk industri penerbangan,” jelasnya.


Baca juga: Menhub bilang pemerintah sedang mencari keseimbangan harga tiket pesawat
Baca juga: DPRD NTT harap ada solusi atasi kenaikan tiket pesawat



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandiaga: Harga tiket penerbangan dipengaruhi tiga hal